• SELAMAT DATANG DI PORTAL PEMERINTAH KOTA SEMARANG
  • BE SMART CITY : Based on E-gov, Semarang More Accountable, Realistic and the Transparent City.
  • CyGoS (Cyber Government : Semarang) - Cyber Administration, Cyber Information, Cyber Public Service, Cyber Licensing, Cyber Marketing City, Cyber Planning, etc 

Jalan Thamrin Resmi di Buka Dua Arah

 01-02-2018 07:56 WIB    by Admin    Dilihat: 718 kali Berita Kota
Semarang - Pemberlakukan jalan dua arah ini dimulai Rabu pagi (31/01), oleh jajaran Dinas Perhubungan dan Satlantas Polrestabes Semarang, Belasan petugas Dishub dan petugas Satlantas sudah memasang  pembatas jalan portabel. 
 
Setelah 11 bulan diberlakukan menjadi jalur satu arah, Jalan Thamrin, Kota Semarang saat ini dikembalikan menjadi dua arah mulai dari perempatan Taman Pandanaran hingga perempatan DI Panjaitan atau Kampang kali.

Proses pengaturan jalan ini pun sontak mencuri perhatian warga dan pengendara yang melintas di jalan Thamrin. 

 Kabid Lalu Lintas Dishub Kota Semarang Danang Kurniawan menyebutkan, pemberlakuan dua arah di dekat taman pandanaran ini melalui kajian mendalam dengan Satlantas Polrestabes Semarang. 

Menurutnya, dari hasil pengamatan dilapangan yakni untuk mengurangi beban dari simpang lima saat ini sudah sangat berat yakni pertemuan arus dari jalan pahlawan sehingga mengakibatkan antrian kendaraan hingga jalan pandanaran satu. 

"Ini perjalanan yang dari tugu muda menuju ketimur (Jalan Majapahit) kita pecah lewat Kampung kali melewati jalan Thamrin. Rambu-rabu memang belum semua terpasang, kaya larangan parkir masih akan dipasang nanti. Sementara untuk waktu tunggu lampu rambu lalu lintas masih kita kaji," imbuhnya.  

Sementara itu, Waka Satlantas Polrestabes Semarang Kompol Sumiarta juga menegaskan pemberlakuan jalan thamrin ini murni karena beban kendaraan yang melintas di jalan Pandanaran menuju ke arah timur terlalu padat, Sehingga melalui pemberlakuan jalan dua arah ini diharapkan dapat memecah arus.

"Apalagi saat ada kegiatan di Simpang Lima ruas jalan Pandanaran selalu padat, sehingga dibutuhkan ruas jalan lain sebagai pemecah arus. Kita akan menempatkan personil dari depan KFC sampai Kampung Kali (Simpang DI. Panjaitan) untuk berjaga-jaga," katanya. 

Pemberlakuan Jalur dua arah akan terus dipantau hingga dua minggu kedepan untuk memastikan keberhasilan dari siklus waktu rekayasa lampu lalu lintas di simpang Kampung Kali. Nantinya Dishub akan menerjunkan 15 petugas dan 10 Anggota Satlantas Polrestabes semarang untuk berjaga di seputar jalan Thamrin.