• SELAMAT DATANG DI PORTAL PEMERINTAH KOTA SEMARANG
  • BE SMART CITY : Based on E-gov, Semarang More Accountable, Realistic and the Transparent City.
  • CyGoS (Cyber Government : Semarang) - Cyber Administration, Cyber Information, Cyber Public Service, Cyber Licensing, Cyber Marketing City, Cyber Planning, etc 

Masjid Al-Jami’ah Walisongo Diharapkan Sebagai Basis Pembinaan Akhlak Anak Muda

 01-02-2018 23:09 WIB    by Admin    Dilihat: 278 kali Berita Kota
Semarang – Menurut data BPS Kota Semarang tahun 2015 jumlah Masjid yang telah dibangun di Kota Semarang sudah mencapai 1.134, sementara jumlah langgar/musholla mencapai 1.932. Dari data tersebut menunjukkan potensi lembaga keagamaan tumbuh secara signifikan melalui peningkatan infrastruktur penndukung kegiatan beragama di Kota Semarang. Berkaitan dengan hal tersebut, pada Kamis (01/02) berlangsung kegiatan peletakkan batu pertama pembangunn Masjid Al-Jamiah Walisongo yang berlokasi di Jl. Kimangunsarkoro No 17 Semarang. Hadir dalam acara peletakan batu pertama Walikota Semarang, Hendrar Prihadi, Ketua DPRD Kota Semarang, Supriyadi, beserta Setda Provinsi Jawa Tengah, Sri Puryono KS yang mewakili Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

SMK Walisongo sebagai institusi pendidikan tentu sangat penting membangun dan mendirikan sebuah Masjid yang dipadang juga sebagai tempat belajar dan penamaman nilai moral dan akhlak bagi generasi muda. Wali Kota Hendrar Prihadi sendiri menilai bahwa pembangunan Masjid Jami’ah Walisongo ini akan memberikan dampak yang positif bagai kuantitas kegiatan beribadah umat Islam khususnya di wilayah Ki Mangunsarkoro dan sekitarnya.

Pada Kesempatan ini Sri Puryono, menyatakan bahwa akhir-akhir ini di berbagai saluran sosial media sering sekali hangat menjadi topik pembicaraan berupa peristiwa-peristiawa negatif seperti tindakan-tindakan kriminal yang dilakukan oleh generasi muda yang masih berstatus sebagai pelajar. Hal tersebut tentu menjadi peringatan atau warning bagi para orang tua agar lebih waspada dan peduli dengan lingkungan pergaulan dan informasi yang dikonsumsi oleh anak-anak. Pada titik ini akan menjadi penting jika faktor nilai-nilai keagamaan sebagai filter atau benteng anak-anak muda agar tidak terseret pada cara berpikir dan bertindak yang cenderung negatif dan merusak. Melalui sambutan yang dibacakan Sri Puryono, Gubernur Ganjar sangat memberi apresiasi yang tinggi atas pembangunan Masjid Al-Jami’ah Walisongo. Harapan di nasa depan, pendirian Masjid Al-Jami’ah Walisongo akan mampu menjadi basis pembinaan akhlak dan moral anak-anak muda. “Masjid yang utama adalah Masjid yang dibangun di atas dasar ketaqwaan,”lanjut Sri Puryono membacakan sambutan Gubernur.

Di akhir sambutannya Gubernur mengajak agar para hadirin untuk bisa memakmurkan Masjid, menghadirkan nilai Islam dan juga merawat Pancasila untuk Indonesia sejahtera.

Pembangunan Masjid secara simbolik ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Walikota Semarang, Hendrar Prihadi dan Setda Provinsi Jawa Tengah, Sri Puryono KS, disaksikan segenap hadirin, tokoh masyarakat dan pejabat terkait.