• SELAMAT DATANG DI PORTAL PEMERINTAH KOTA SEMARANG
  • BE SMART CITY : Based on E-gov, Semarang More Accountable, Realistic and the Transparent City.
  • CyGoS (Cyber Government : Semarang) - Cyber Administration, Cyber Information, Cyber Public Service, Cyber Licensing, Cyber Marketing City, Cyber Planning, etc 

PPT Seruni Kota Semarang Diresmikan: Tidak Ada Lagai Kekerasan Terhadap Perempuan Dan Anak

 20-02-2018 13:10 WIB    by Admin    Dilihat: 219 kali Berita Kota
Semarang – Sebagai rangkaian kegiatan 2 Tahun Hendi Ita, Pemerintah Kota Semarang pada Senin (19/2) meresmikan Gedung Pusat Pelayanan Terpadu (PPT) Seruni Kota Semarang yang bertempat di Jl. Sutomo Semarang. Seperti diketahui bersama PPT Seruni merupakan sebuah lembaga afiliasi Pemerintah Kota Semarang yang fokus pada penanganan kasus kekerasan dalam rumah tangga kepada perempuan dan anak-anak.  Pada kesempatan ini Walikota Semarang, Hendrar Prihadi hadir meresmikan gedung baru tersebut, yang juga dihadiri oleh pimpinan OPD, ibu-ibu camat, Dharma Wanita serta pihak terkait baik pemerintah dan swasta.

Walikota Semarang yang lebih dikenal dengan sapaan Hendi ini melihat bahwa angka kekerasan terhadap perempuan dan anak di Indonesia ini masih cukup tinggi. Perempuan dan anak memang masih sangat rentan menjadi korban kekerasan. Hendi menghimbau kepada laki-laki atau para suami agar dalam berkomunikasi kepada perempuan atau istri dalam menyelesaikan persoalan tidak boleh menggunakan kekerasan. “Wanita itu punya derajad yang sama dengan laki-laki,” tegas Hendi di depan hadirin.

Hendi menambahkan Selain PPT Seruni, hadir juga Rumah Duta Revolusi Mental sebagai komitmen Pemerintah kota Semarang bahwa laki-laki perempuan di Kota Semarang berjalan seiring satu derajad dengan hak yang sama meski tidak meninggalkan kodratnya masing-masing. Dengan adanya PPT Seruni maka dibuka lebar akses masyarakat untuk melakukan pengaduan jika ada kekerasan terhadap perempuan dan anak yang terjadi di lingkungan sekitar. Kasus KDRT kerap terjadi karena perempuan dan anak rentan terdiskriminasi karena dianggap sebagai kelompok lemah dalam keluarga.PPT Seruni memiliki peran penting untuk memberikan pendampingan kepada masyarakat agar kasus-kasus KDRT tidak terus terjadi.

Setelah diresmikan, Hendi beserta tamu undangan meninjau fasilitas yang ada di dalam Gedung baik infrasturuktur yang ada beserta pelayanan-pelayanan yang siap dibuka untuk masyarakat luas berkaitan dengan tindakan kekerasan terhadap perempuan dan anak.