• SELAMAT DATANG DI PORTAL PEMERINTAH KOTA SEMARANG
  • BE SMART CITY : Based on E-gov, Semarang More Accountable, Realistic and the Transparent City.
  • CyGoS (Cyber Government : Semarang) - Cyber Administration, Cyber Information, Cyber Public Service, Cyber Licensing, Cyber Marketing City, Cyber Planning, etc 

Volunteer Dari Rusia Dan Meksiko Bantu Pengembangan Kawasan Rumah Pangan Lestari Di Kembang Arum

 22-02-2018 15:50 WIB    by Admin    Dilihat: 207 kali Berita Kota
Semarang - Dinas Ketahanan Pangan Kota Semarang bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Kota Semarang mengadakan kegiatan pengembangan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) di Kelurahan Kembang Arum Kecamatan Semarang Barat, Kamis (22/2).

Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Semarang Sapto Adi, Lurah Kembang Arum Sigit, Tim Penggerak PKK Kota Semarang serta Pokja III Ana Agus Riyanto.

Kegiatan Pengembangan Kawasan Rumah Pangan Lestari sendiri merupakan salah satu kegiatan unggulan Dinas Ketahanan Pangan Kota Semarang. Kawasan Rumah Pangan Lestari
adalah suatu konsep rumah pangan yang dibangun dalam suatu kawasan (RT, RW, Kelurahan, Kecamatan dst.) dengan prinsip pemanfaatan pekarangan yang ramah lingkungan untuk pemenuhan kebutuhan pangan dan gizi keluarga, sekaligus dapat menjadi cara untuk meningkatkan pendapatan.

Dalam sambutannya perwakilan dari PKK Kota Semarang Pokja III Ana Agus Riyanto memberikan motivasi agar para ibu-ibu Kelurahan Kembang Arum lebih berkreasi dan tidak hanya menerima bantuan saja, namun harus terus mengadakan pembibitan dan jangan sampai tanaman yang diberikan mati.
Ana Agus Riyanto juga menyarankan agar setiap KK paling tidak menanam tanaman cabai minimal 2 agar pada saat harga cabai naik tidak kewalahan dalam memenuhi kebutuhan pangan.

Bantuan yang diberikan dalam pelatihan KRPL berupa tanaman cabai, tanaman tomat, benih sawi, bibit seledri, bibit terong, bibit sawi sendok, bibit kol, bibit kembang kol, pupuk cair organik 1lt dan polybag.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Sapto Adi mengingatkan agar setiap rumah tangga mengadakan gerakan untuk menyediakan bahan pangan dengan memanfaatkan ruang atau pekarangan rumah dengan semaksimal mungkin.

“Kami mendatangkan volunteer dari Rusia dan Meksiko juga ahli dari Bumihorta yang akan membantu ibu-ibu semua untuk bagaimana cara menanam yang baik dan benar, dari awal pembibitan hingga nanti panen,” tutup Sapto.