• SELAMAT DATANG DI PORTAL PEMERINTAH KOTA SEMARANG
  • BE SMART CITY : Based on E-gov, Semarang More Accountable, Realistic and the Transparent City.
  • CyGoS (Cyber Government : Semarang) - Cyber Administration, Cyber Information, Cyber Public Service, Cyber Licensing, Cyber Marketing City, Cyber Planning, etc 

Hendi Ajak Masyarakat Berkomitmen Untuk Semarang Bebas Sampah

 26-02-2018 15:42 WIB    by Admin    Dilihat: 283 kali Berita Kota
Semarang – Minggu pagi (25/2) di kawasan Simpang Lima yang rutin sebagai lokasi Car Free Day (CFD), antusiasme warga terlihat begitu besar melihat kegiatan kali ini selain melibatkan hadirnya Walikota Semarang, Hendrar Prihadi juga dihadiri oleh Nadine Chandrawinata yang juga dikenal luas sebagai Putri Indonesia tahun 2006. Nadine akan terlibat bersama Walikota dan warga dalam aksi bersih sampah di kawasan Simpang Lima.

Peserta aksi selanjutnya bergerak bersama menyisir sepanjang kawasan Simpang Lima untuk memungut sampah. Hadirnya Nadine cukup membuat suasana lebih meriah, dilengkapi sarung tangan dan plastik sampah bersama memungut dan mengumpulkan sampah di sekitar kawasan tersebut.

Aksi ini adalah rangkaian kegiatan memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2018 yang digelar oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bekerjasama dengan Pemerintah Kota Semarang. Aksi ini sekaligus sosialiasi kepada masyarakat luas untuk lebih termotivasi dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Dalam sambutannya Walikota yang populer disapa Hendi ini menilai bahwa sampah selalu menjadi masalah utama di kota-kota besar seperti kota Semarang, meski kelihatannya sepele tapi jika warga tidak punya kesadaran tentang sampah maka semua orang membuang sampah sembarangan akan mencapai berton-ton jumlahnya. Saat ini sampah di  semarang sudah mencapai 800-1000 kubik per hari. Upaya pengolahan sampah sudah dilakukan tetapi baru bisa separuhnya, untuk itu perlu kesadaran masyarakat dalam mengolah sampah dan mengurangi pembuangan sampah. Hendi mengajak seluruh masyarakat berkomitmen untuk Semarang bebas sampah.

Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah,  Limbah dan Bahan Berbahaya Beracun (PSL dan B3) Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK),  Rosa Vivien Ratnawati menekankan bahwa kegiatan ini adalah satu rangkaian dengan agenda Tiga Bulan Bersih Sampah (TBBS) yang sudah berjalan di seluruh Indonesia. Agenda TBBS ini berlangsung dari tanggal 21 Januari 2018 sanpai dengan 21 April 2018. Gerakan ini tujuannya tidak hanya sampai 21 April tetapi selanjutnya akan timbul kesadaran dan  motivasi untuk mengurangi, menangani dan mengolah sampah di kalangan masyarakat luas.