• SELAMAT DATANG DI PORTAL PEMERINTAH KOTA SEMARANG
  • BE SMART CITY : Based on E-gov, Semarang More Accountable, Realistic and the Transparent City.
  • CyGoS (Cyber Government : Semarang) - Cyber Administration, Cyber Information, Cyber Public Service, Cyber Licensing, Cyber Marketing City, Cyber Planning, etc 

Haul Habib Hasan “Mutiara Terpendam Kota Semarang”

 01-03-2018 15:44 WIB    by Admin    Dilihat: 317 kali Berita Kota
Haul Habib Hasan bin Thoha bin Yahya atau sering dikenal dengan Syekh Kramat Jati/ Raden Tumenggung Sumodiningrat dan Senopati Agung Ing Mataram digelar oleh Pemerintah Kota Semarang padai Kamis (1/3) bertempat di Kampung Reliji Mbah Kramat Jati Duku, Kelurahan Lamper Kidul.

Sebagai ulama sekaligus pejuang dari kota Semarang, Habib Hasan bin Thoha dikenal pernah melawan penjajah sejak dari Banten hingga Semarang. Ulama yang lahir dari pasangan Habib Thoha bin Muhammad al-Qadhi bin Yahya dengan Syarifah Fathimah binti Husain bin Abu Bakar bin Abdullah Al-Aydrus ini juga pernah mengalahkan penjajah pada pertempuran di Pekalongan th 1206 H/ 1785 M.

Ketua Panitia penyelenggara Organizing Committee (OC), Iswar Aminudin menyebutkan jika Singo Barong yang juga memiliki nama Syekh Kramat jati sebagai pejuang dan Ulama kota Semarang, masih belum begitu banyak dikenal oleh masyarakat. Iswar menambahkan jika Haul ini sekaligus mengangkat kisah Habib Hasan agar lebih dikenal masyarakat.

Haul ini imbuhnya merupakan bentuk nguri-nguri dan pemhaman terhadap sejarah perjuangan Habib Habib Hasan dalam melawan penjajah. Salah satu pertempuran besar yang dipimpin adalah saat mengalahkan penjajah saat pertempuran di Pekalongan tahun 1206 H/ 1785 M.

“Harapannya masyarakat menjadi mengetahui sejarah perjuangan Habib Hasan bin Thoha bin Yahya . dan akan kami agendakan sebagai wisata religius” tukasnya.

Mengusung tema “Dengan Hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW dan Ilmunya Para Ulama akan Menjadikan Tumbuhnya Kekuatan Negara Kesatuan Republik Indonesia Untuk Menuju Kesejahteraan Umat Dunia Akhirat”

Rangkaian acara haul akan diawali dengan khataman Al-Quran dilanjutkan Pembacaan Dalailul Khoirot dan pembacaan Surat Yasin dan Tahlil pada Kamis (1/3) pagi. Kemudian pukul 10.00-18.00 akan diselenggarakan Kirab Merah Putih yang melibatkan Pemkot, TNI-Polri serta masyarakat. Rute kirab dari Makam Habib Hasan Jalan Duku Kelurahan Lamper Kidul, menuju Jalan Tentara Pelajar, Jalan MT. Haryono, Jalan A. Yani dan finish di Simpang Lima.

Dalam Kirab akan dilakukan penyerahan bendera dari Habib Luthfi bin Yahya ke Walikota Semarang Hendrar Prihadi.

Malam harinya akan dilakukan acara haul yang rencananya akan dibuka langsung oleh Walikota Semarang Hendrar Prihadi pada pukul 19.30. Acara inti tersebut dimeriahkan dengan pembacaan Maulidur Rosul Muhamad SAW.

“Acara ini gratis untuk semua warga, sehingga kami harapkan untuk datang menyaksikan acara ini sedari awal sampai akhir. Kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan tradisi warisan para leluhur, tertanamnyanilai-nilai moral kepahlawanan, terciptanya stabilitas bangsa dan keharmonisan” ajak Iswar.

Untuk lalu lintas selama acara berlangsung, Dinas Perhubungan Kota Semarang akan melakukan buka tutup jalan secara situasional. Sedangkan kantong parkir yang telah disiapkan ada di Metro Sport Center, Gereja Cinde, SMP N 8, sepanjang Jalan Mangga, dan Jalan Jambu serta kawasan Taman Mangga.