• SELAMAT DATANG DI PORTAL PEMERINTAH KOTA SEMARANG
  • BE SMART CITY : Based on E-gov, Semarang More Accountable, Realistic and the Transparent City.
  • CyGoS (Cyber Government : Semarang) - Cyber Administration, Cyber Information, Cyber Public Service, Cyber Licensing, Cyber Marketing City, Cyber Planning, etc 

Pawai Ogoh – Ogoh Sambut Nyepi Akan Jadi Wisata Unik di Kota Semarang

 13-03-2018 13:49 WIB    by Admin    Dilihat: 916 kali Berita Kota
Dalam rangka memperingati Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1940/2018, umat Hindu kota Semarang dan sekitarnya, yang bekerja sama dengan Pemerintah Kota Semarang kembali menggelar Karnaval Seni Budaya Lintas Agama dan  Pawai Ogoh Ogoh yang ketujuh kalinya. Di Indonesia, umat Hindu memperingati Tahun Baru Saka dengan khas/unik melaluli perayaan Hari Raya Nyepi dengan berbagi rangkaian kegiatannya, baik sebelum Nyepi maupun sesudah Nyepi

Acara tahun ini akan digelar pada 25 maret 2018, satu minggu setelah Hari Raya Nyepi. Esensi acara ini adalah untuk meneguhkan bahwa kota Semarang merupakan kota yang kondusif, yang terdiri dari berbagai macam suku, agama, ras dan golongan. Acara ini diharapkan dapat menjadi naungan untuk para pelaku seni dari semua golongan di Semarang, dan untuk menjadi cermin terhadap kebhinekaan, bahwa keberagaman itu indah.

Seperti tahun sebelumnya, karnaval akan terdiri dari berbagai macam seni budaya dari semua agama yang ada di kota Semarang. Di dalam rombongan karnaval, akan gerdapat 3 macam ogoh ogoh yang akan menjadi atraksi utama yang diiringi berbagi macam pertunjukan seni budaya lintas agama. Karnaval dimulai dari titik 0 kota Semarang, yang akan di lepas oleh Walikota semarang Bapak Hendrar Prihadi dan bergerak sepanjang jalan pemuda hingga berakhir di halaman balaikota Semarang. Sebagai penutup acara, akan disuguhkan pagelaran drama sendratari RAHWANA GALAU yang di bawakan sanggar tari Saraswati.

Atas dasar kajian dan kenyataan diatas serta tingginya keinginan untuk mengaplikasikan nilai - nilai Nyepi guna memperoleh kehidupan bersama yang lebih baik, lebih damai, lebih sejahtera dan lebih bahagia bagi Bangsa Indonesia pada umumnya dan masyarakat Jawa Tengah pada khususnya serta lebih khusus lagi masyarakat kota Semarang, panitia dengan segala keterbatasan yang ada menuangkannya dalam rencara kegiatan pelaksanaan peringatan Hari Raya Nyepi dan bertekan untuk menyukseskan sebagai wujud pemberian pengabdian terbaik  kepada Agama, Masyarakat, Bangsa dan Negara.