• SELAMAT DATANG DI PORTAL PEMERINTAH KOTA SEMARANG
  • BE SMART CITY : Based on E-gov, Semarang More Accountable, Realistic and the Transparent City.
  • CyGoS (Cyber Government : Semarang) - Cyber Administration, Cyber Information, Cyber Public Service, Cyber Licensing, Cyber Marketing City, Cyber Planning, etc 

Ziarah ke Makam Ki Ageng Pandanaran, Walikota Hendi ajak Teladani Para Pendahulu

 06-04-2018 08:10 WIB    by Admin    Dilihat: 203 kali Berita Kota
Satu bulan sebelum Hari Jadi Kota Semarang ke-471 yang jatuh pada tanggal 2 Mei, Walikota Semarang Hendrar Prihadi bersama jajaran Forkopimda Kota Semarang, Wakil Walikota, Sekda dan para pejabat Pemerintah Kota Semarang serta tokoh agama, dan tokoh masyarakat melaksanakan ziarah dan tabur bunga di makam Ki Ageng Pandanaran di Mugas, Rabu (4/4) malam.

Walikota yang akrab disapa Hendi dalam sambutannya menuturkan bahwa cikal bakal Kota Semarang berdiri hingga sekarang, pada awalnya ditemukan oleh Ki Ageng Pandanaran, yang mana beliau adalah Bupati pertama Kota Semarang.

“Menurut sejarah 471 tahun lalu Ki Ageng Pandanaran mendirikan sebuah dusun kecil di daerah Pragota, yaitu kawasan di Kota Semarang. Di dalam kepemimpinannya, beliau adalah seorang yang mempunyai dedikasi luar biasa untuk membuat lingkungan khususnya Semarang menjadi wilayah yang tumbuh berkembang sampai besar seperti sekarang ini” ungkapnya.

Maka dari itu pihaknya berkeyakinan Kota Semarang besar karena jasa-jasa pendahulu seperti Ki Ageng Pandanaran. “Bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai para pahlawan, seperti halnya Kota Semarang kalau kita ingin membuat menjadi hebat maka tidak boleh melupakan jasa para pendahulu”, lanjut Hendi.

Walikota Hendrar Prihadi pun berencana merenovasi tempat makam Ki Ageng Pandanaran sehingga menjadi salah satu destinasi wisata reliji di Kota Semarang, agar bila nanti dikunjungi warga luar kota Semarang merasa nyaman.
“Kami melalui Disperkim berencana menjadikan tempat makam ini sebagai tempat wisata yang nyaman untuk dikunjungi. Nanti akan ada tempat parkir, kemudian makam dibuat lebih luas dan diberi penerangan” ujar Walikota.

Terakhir Walikota menyampaikan rangkaian HUT Semarang masih tetap berlanjut di antaranya Semarang Great Sale 2018 yang akan dibuka 8 Mei mendatang berlangsung selama 1 bulan penuh, dan pada tanggal 5 Mei akan digelar Semarang Night Carnival yang menampilkan 5 negara yang akan hadir mempertontonkan atraksinya.

“Tanggal 2 Mei nanti Ulang Tahun Kota Semarang yang ke-471. Ini ulang tahun warga Kota Semarang. Rekan-rekan Camat, Lurah Saya minta untuk mengajak warganya memeriahkan hari jadi Kota Semarang dengan berbagai acara di lingkungan masing-masing”, ajak Walikota.

“Silakan pasang penjor-penjor tetapi jangan di Jalan-jalan Protokol, umbul-umbul di pasang, lomba-lomba kemudian diaktifkan. Kita buat Kota Semarang hidup dengan cara warganya nyengkuyung di dalam kesatuan wadah 4P. Insya Allah dengan 4P ini Kota Semarang menjadi lebih baik dan mandiri” harap Walikota