• SELAMAT DATANG DI PORTAL PEMERINTAH KOTA SEMARANG
  • BE SMART CITY : Based on E-gov, Semarang More Accountable, Realistic and the Transparent City.
  • CyGoS (Cyber Government : Semarang) - Cyber Administration, Cyber Information, Cyber Public Service, Cyber Licensing, Cyber Marketing City, Cyber Planning, etc 

Walikota Hendi Tanda Tangani MOU Pengembangan Kedungsepur

 12-04-2018 07:49 WIB    by Admin    Dilihat: 361 kali Berita Kota
Selasa (10/4), Walikota Semarang, Hendar Prihadi mengundang perwakilan empat pemerintah daerah selain Kota Semarang yang berada di wilayah Kedungsepur, Jawa Tengah. Pertemuan tersebut kembali diinisiasi oleh Walikota Semarang yang akrab disapa Hendi itu, adalah merupakan tindak lanjut rintisan kerja sama pembangunan yang sebelumnya telah beberapa kali dibahas untuk kemudian diikat dalam sebuah nota kesepahaman (MOU).
 
Bertempat di ruang Lokakrida, Balaikota Semarang, tak hanya Hendi sebagai kepala daerah, tampak juga kepala-kepala daerah lain seperti Bupati Kendal, Mirna Annisa, serta Wakil Bupati Semarang, Ngesti Nugraha hadir secara pribadi dalam penandatanganan MOU itu. Melalui MOU itu sendiri, nantinya seluruh daerah di dalam Kedungsepur, yang terdiri dari Kendal, Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Salatiga, dan Purwodadi sepakat untuk saling mengintegrasikan pembangunan di daerah masing-masing.
 
Hendi, selaku Walikota Semarang menganggap pentingnya pembangunan wilayah Kedungsepur yang terintegrasi mengingat Kedungsepur menjadi satu dari 9 kawasan metropolitan di Indonesia. "Ada banyak hal yang dapat dikerjasamakan dengan daerah-daerah lain di sekitar Kota Semarang yang dikenal dengan Kedungsepur ini. Namun tiga hal yang kami fokuskan, yakni kerjasama di sektor pariwisata, kesehatan dan transportasi," tegasnya.
 
Lebih lanjut Hendi menuturkan bahwa pembangunan suatu daerah tidak dapat mengesampingkan daerah-daerah lain disekitarnya, mengingat besarnya potensi untuk saling menopang. "Jakarta misalnya, tidak akan maju tanpa bantuan Tangerang, Bekasi, Bogor dan sekitarnya. Begitu juga Kota Semarang, tidak akan bisa maju tanpa bantuan daerah sekitarnya ini," terang Hendi. "MOU ini juga sebagai sebuah penegasan bahwa setiah daerah memiliki peran dan manfaatnya masing-masing untuk kesejahateraan masyarakat yang tidak relevan untuk dikompetisikan", tambahnya.
 
Untuk itu dalam kesempatan tersebut, Hendi menegaskan jika MOU tersebut merupakan momentum bagi seluruh daerah di Kedungsepur untuk saling berkolaborasi agar mampu memberikan manfaat yang lebih besar kepada masyarakat. Dirinya mencontohkan, salah satu kolaborasi yang sudah terjalin adalah di bidang transportasi antara Kota Semarang - Kabupaten Kendal dan Kota Semarang - Kabupaten Semarang.
 
"Dan ke depan, dalam waktu dekat kami akan melakukan kerjasama di bidang transportasi dengan Kabupaten Demak. Selain itu dengan Demak juga ada integrasi pembangunan terkait proyek tol laut Semarang-Demak yang akan dibangun dalam waktu dekat", detail Hendi.
 
Sementara itu, Bupati Kendal, Mirna Annisa mengatakan jika kerjasama tersebut sangat baik dalam menunjang pembangunan di daerahnya. "Semarang Raya atau Kedungsepur ini memiliki banyak potensi. Jadi dengan adanya kolaborasi ini tentu akan memudahkan masing-masing daerah berkembang bersama dan maju bersama-sama", tutur Mirna.