• SELAMAT DATANG DI PORTAL PEMERINTAH KOTA SEMARANG
  • BE SMART CITY : Based on E-gov, Semarang More Accountable, Realistic and the Transparent City.
  • CyGoS (Cyber Government : Semarang) - Cyber Administration, Cyber Information, Cyber Public Service, Cyber Licensing, Cyber Marketing City, Cyber Planning, etc 

Rakor Penyusunan Rancangan Peraturan Tingkatkan Kompetensi Aparat Pemerintah dalam Menyusun Produk Hukum

 25-04-2018 11:40 WIB    by Admin    Dilihat: 283 kali Berita Kota
Dalam rangka meningkatkan kemampuan aparat pemerintah kota Semarang dalam menyusun rancangan peraturan Perundang-undangan Daerah, Bagian Hukum Setda Kota Semarang menyelenggarakan Rapat Koordinasi Penyusunan Rancangan Peraturan Perundang-undangan Kota Semarang Tahun 2018, di Ruang Komisi C dan D Gedung Moch Ichsan,  Rabu (25/4).
 
Melalui Rakor ini,  Kepala Bagian Hukum, Abdul Haris berharap  agar peraturan perundang-undangan yang diterbitkan Pemerintah Kota Semarang dapat memenuhi asas-asas pembentukan peraturan perundang-undangan sehingga tidak menimbulkan permasalahan dikemudian hari. 
 
"Hal itu dilakukan dengan cara meningkatkan pengetahuan dan kemampuan aparatur Pemerintah Kota Semarang dalam penyusunan produk hukum daerah melalui mini pelatihan ini," tambahnya. 
 
Sementara Asisten Administrasi Pemerintahan Trijoto Sardjoko,  saat membuka acara tersebut menyampaikan bahwa rakor ini penting agar para ASN dapat menyusun peraturan dan perundang-undangan dengan baik. 
 
"Selama ini terkadang pembuatan peraturan tidak sesuai dengan tujuan pembuatan peraturan itu sendiri. Untuk itu harapannya para peserta yang hadir mampu dan berkompeten menjadi drafter pembuatan peraturan di OPDnya dengan cara memahami substansi,  alur pikir,  serta tata naskah yang benar," tambahnya. 
 
Rakor penyusunan rancangan peraturan perundang-undangan pemerintah Kota Semarang ini dihadiri oleh 90 peserta yang terbagi dalam 2 hari pelaksanaan,  yaitu pada Rabu, 25 April 2018 dan Kamis, 26 April 2018. 
 
Guna meningkatkan kompetensi peserta, Bagian Hukum juga menghadirkan sejumlah narasumber diantaranya Biro Hukum Setda Provinsi Jawa Tengah serta sejumlah pakar penyusunan produk hukum Seperti Kepala Bagian Hukum Abdul Haris, SH,MM, Kasubbag Perancangan produk hukun pengaturan dan Dokumentasi, Much. Machrus, SH, serta Kasubbag Perancangan Produk Hukum Penetapan, Endang Sri Rejeki, SH, SpN.
 
Sementara materi yang diberikan diantaranya pengawasan pembentukan produk hukum daerah, penyusunan produk hukum daerah yang berkaitan ubdang-undang nomor 23 Tahun 2014 dan undang-undang nomor 12 Tahun 2011 tentang pembentukan peraturan perundang-undangan, tata cara penyusunan peraturan daerah dan peraturan Walikota, tata cara penyusunan keputusan Walikota dan keputusan Sekda, serta tata cara penyusunan perjanjian dan MoU. (wulan)