• SELAMAT DATANG DI PORTAL PEMERINTAH KOTA SEMARANG
  • BE SMART CITY : Based on E-gov, Semarang More Accountable, Realistic and the Transparent City.
  • CyGoS (Cyber Government : Semarang) - Cyber Administration, Cyber Information, Cyber Public Service, Cyber Licensing, Cyber Marketing City, Cyber Planning, etc 

Kelurahan Sampangan Sabet Juara 1 Lomba BBGRM Tingkat Provinsi Jawa Tengah

 26-04-2018 15:28 WIB    by Admin    Dilihat: 352 kali Berita Kota
Kelurahan Sampangan Kecamatan Gajahmungkur Kota Semarang berhasil memperoleh gelar juara 1 pelaksana terbaik kategori gotong royong masyarakat tingkat Provinsi Jawa Tengah. 
 
Penghargaan diserahkan langsung oleh Plt Gubernur Jawa Tengah, Heru Sudjatmoko di Kabupaten Pati Jawa Tengah dalam acara "Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) dan Peringatan HKG PKK tingkat Provinsi Jawa Tengah", Kamis (26/4).

Plt Gubernur Jawa Tengah, Heru Sudjatmoko  mengemukakan bahwa Pemprov Jateng menggelar lomba ini untuk mencegah semakin menipisnya semangat gotong royong di kalangan masyarakat.
Ada 4 hal yang menjadi indikator penilaian diantaranya bidang kemasyarakatan, bidang Lingkungan, Bidang Ekonomi produktif warga serta Sosial Budaya dan agama. Sedangkan Kelurahan Sampangan unggul dalam gotong royong dan pemberdayaan masyarakat baik secara administrasi maupun implementasi di lapangan.
 
Tim penilai berasal dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di antaranya Dinas Lingkungan Hidup Jateng, Dispermasdes Provinsi Jateng, Biro Kesra Setda Provinsi Jateng, Kesbangpol, TP PKK dan melibatkan unsur akademisi dari Universitas Diponegoro (Undip).

Usai memperoleh penghargaan tersebut. Lurah Sampangan, Supono, menyebutkan bahwa keberhasilannya ini tidak terlepas dari pendampingan yang dilakukan oleh Walikota, Wakil Walikota, Ketua TP PKK Kota, dukungan penuh dan kerjasama dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kota Semarang serta masyarakat Kelurahan Sampangan.

Dalam acara tersebut Kota Semarang juga mendapat berbagai penghargaan antara lain TP PKK Kelurahan Karangmalang Kecamatan Mijen Kota Semarang sebagai  Terbaik 1 Pelaksana Terbaik Hatinya PKK Lomba HKG PKK Tingkat Provinsi Jateng Tahun 2018, Kategori Kota, TP PKK Kelurahan Bendan Ngisor Kecamatan Gajahmungkur Kota Semarang sebagai  Terbaik 1 Pelaksana Terbaik UP2K PKK Lomba HKG PKK Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2018, Kategori  Kota, TP PKK Kedungmundu Kecamatan Tembalang Kota Semarang sebagai Terbaik II Pelaksana Terbaik Tertib Administrasi Lomba HKG PKK Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2018 Kategori Kota, Serta Ketua TP PKK Kota Semarang  sebagai Terbaik VI Evaluasi Pelaksanaan 10 Program Pokok PKK. 

Ditempat berbeda, Walikota Semarang Hendrar Prihadi mengungkapkan bahwa pihaknya merasa bangga sejumlah kelurahan telah berhasil memperoleh prestasi yang membanggakan.
“Saya sampaikan terima kasih atas penghargaan ini. Terlebih 4 kelurahan memperoleh penghargaan. Artinya capaian positif ini menunjukkan bahwa semangat bergerak bersama mampu diimplementasikan dengan baik oleh seluruh komponen masyarakat. Sehingga reward dari pemerintah provinsi Jawa tengah ini saya rasa bukan untuk pemerintah kota Semarang saja, namun merupakan kado untuk seluruh warga kota Semarang,” ujarnya.
Pihaknya berharap ini menjadi motivasi untuk menjadikan semangat gotong royong dan kebersamaan sebagai budaya seluruh warga kota Semarang untuk melakukan yang terbaik buat kota Semarang.

Dalam acara tersebut stand Kota Semarang yang diwakili oleh BKM arto kawulo  mengikuti dan memeriahkan acara tersebut. Meski belum menjadi juara dalam lomba stand yang juga diadakan disana, tetapi masyarakat cukup antusias mengunjungi stand Kota Semarang yang dianggap paling unik  dari yang lain. (wulan)