• SELAMAT DATANG DI PORTAL PEMERINTAH KOTA SEMARANG
  • BE SMART CITY : Based on E-gov, Semarang More Accountable, Realistic and the Transparent City.
  • CyGoS (Cyber Government : Semarang) - Cyber Administration, Cyber Information, Cyber Public Service, Cyber Licensing, Cyber Marketing City, Cyber Planning, etc 

Realisasikan Berobat Gratis, Wali Kota Hendi Raih Penghargaan Tertinggi

 24-05-2018 09:55 WIB    by Admin    Dilihat: 245 kali Berita Kota
SEMARANG- Pemerintah Republik Indonesia memberikan penghargaan kepada Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi dalam ajang Universal Health Coverage Award 2018. Penghargaan tersebut diberikan atas kesuksesan Wali Kota Semarang yang akrab disapa Hendi itu karena mampu menjadi pelopor dalam merealisasikan program berobat gratis bagi seluruh warganya. Menteri dalam negeri, Tjahjo Kumolo mewakili Pemerintah Republik Indonesia memberikan secara langsung penghargaan tersebut kepada Wali Kota Hendi yang diwakili oleh Asisten Administasi Ekonomi, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Kota Semarang, Ayu Entys di Hotel Grand Mercure, Kemayoran, Jakarta, Rabu (23/5).
Dalam ajang penganugerahan Universal Health Coverage Award 2018 itu, Hendi disebut sebagai salah satu kepala daerah di Indonesia yang memiliki komitmen tinggi dalam peningkatan kualitas hidup masyarakat pada sektor kesehatan. Buktinya, Wali Kota Semarang yang juga politisi PDI Perjuangan tersebut mampu mewujudkan program berobat gratis dalam waktu yang relatif singkat, yaitu pada tahun 2017, hanya berselang satu tahun setelah dirinya dilantik kembali sebagai Wali Kota Semarang pada tahun 2016. Adapun Pemerintah Pusat Republik Indonesia sendiri sebenarnya baru menargetkan realisasi berobat gratis bagi seluruh masyarakat secara nasional pada tahun 2019. 
Tak kurang dari 4,5 miliar rupiah dianggarkan Hendi setiap bulannya untuk menjamin biaya kesehatan bagi semua warga yang ber-KTP Kota Semarang. Penjaminan biaya kesehatan yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Semarang di bawah kepemimpinan hendi tersebut didapatkan dari kecermatannya dalam melakukan penganggaran  APBD Kota Semarang. Hasilnya saat ini seluruh warga Kota Semarang tak perlu khawatir bila sakit, pasalnya semua biaya yang harus dibayarkan dijamin oleh Pemerintah Kota Semarang, mulai dari rawat inap di kelas 3, persalinan, hingga cuci darah, dan pengobatan kanker.
Terpisah, Hendi yang berhalangan hadir untuk menerima penghargaan tersebut mengaku bersyukur atas apresiasi yang diberikan Pemerintah Pusat Republik Indonesia atas capaian pemerintah daerah yang dipimpinnya. "Kami di Kota Semarang selalu berkomitmen untuk sejalan dengan kebijakan Pemerintah Pusat bersama bapak Presiden Jokowi, dan upaya kami mewujudkan layanan berobat gratis ini adalah salah satunya", tutur Hendi. "Harapannya tentu saja, komitmen kami ini juga sejalan dengan apa yang dirasakan oleh masyarakat, sehingga penghargaan ini juga menjadi motivasi untuk terus meningkatkan program layanan kesehatan di Kota Semarang", tegasnya.
Selain menyediakan layanan berobat gratis bagi seluruh masyarakatnya, Kota Semarang juga melengkapi layanan kesehatannya dengan fasilitas ambulance gratis yang dapat diakses 24 jam oleh seluruh warga Kota Semarang. Tak hanya itu, saat ini pun warga Kota Semarang dapat melakukan konsultasi dokter dengan gratis secara online. Layananan itu semua bisa didapatkan dengan cukup menghubungi hotline 1500-132.