• SELAMAT DATANG DI PORTAL PEMERINTAH KOTA SEMARANG
  • BE SMART CITY : Based on E-gov, Semarang More Accountable, Realistic and the Transparent City.
  • CyGoS (Cyber Government : Semarang) - Cyber Administration, Cyber Information, Cyber Public Service, Cyber Licensing, Cyber Marketing City, Cyber Planning, etc 

Persiapan Pilkada serentak

 26-06-2018 11:26 WIB    by Admin    Dilihat: 472 kali Berita Kota
SEMARANG - Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryati kemarin meninjau sejumlah gudang logistik pemilu di sejumlah kecamatan. Setidaknya ada 5 lokasi yang ditinjau seperti Kecamatan Tugu, Semarang Barat, Semarang Selatan, Pedurungan dan Genuk. Saat di temui di kelurahan Gisikdrono kecamatan Semarang Barat, Hevearita yang akrab disapa Mbak Ita ini menyebutkan dalam tinjauan ini tidak ditemui persoalan dan pengamanan tempat penyimpanan kotak suara di masing-masing kecamatan. Koordinasi pengamanan antar stakeholder seperti dari KPU, Panwas, Polsek, Koramil dan Limnas terlihat disetiap gudang logistik. Selain itu, pihaknya juga telah menginstruksikan semua jajaran lurah dan camat untuk terus mengingatkan warganya agar pada tanggal 27 juni nanti menggunakan hak suaranya di masing-masing TPS.
          
Disisi lain, Camat Tugu Anton Siswantoro menjelaskan di wilayahnya ada 7 kelurahan yang terdapat 55 tempat pemungutan suara atau (TPS) dengan jumlah DPT sebanyak 22 ribu pemilih. Adapun untuk disribusi logistik pemilu seperti kotak dan bilik suara akan diserahkan ke masing-masing Ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) Setempat pada selasa pagi. Untuk wilayah rawan konflik, sampai saat ini pihaknya sudah berkordinasi dengan melakukan pemetaan dan pengamanan oleh aparat kepolisian dan TNI.

"Kesiapan logistik di tugu pada hari jumat sore sudah mendapat kiriman dari KPU, pemilih di tugu 22 ribu orang logistik penyebaran undangan sudah selesai apalagi sudah ada ketentuan yang belum terdaftar DPT tapi memiliki e-ktp juga boleh mencoblos. Distribusi logistik mulai selasa pagi, setelah itu rabu pagi kirim ke TPS masing masing. Hari H juga akan kami cek ada 55 TPS dibagi 7 kelurahan, pengecekan KPU dan PPK di gudang Brotojoyo semua posisi disegel", ujar Anton Camat Tugu.

Wakil Walikota Semarang Mbak Ita mengatakan bahwa semuanya sudah terpenuhi logistiknya, kalau Tugu hanya 58 TPS hanya  22 ribu orang, Semarang Barat dan Tembalang ada 106 ribu 282 TPS. Penjagaan logistik sudah berjalan baik, Polsek ,  Ranmil serta Linmas semua sudah aman ketat, undangan pencoblosan juga sudah mulai didistribusikan, semua berjalan baik, melihat kekompakan semua tim instansi yang ingin menyukseskan pemilu PPK PPS dan juga Polsek, Koramil tentunya dilihat segelnya saat dimulai pembuikaan gembok kotak suara nanti, harapanya agar Pilkada berjalan sukses. Para camat lurah sudah melakukan sosialisasi di masjid dan di balai balai desa di umumkan bahwa,  "Tanggal 27 Juni hari coblosan, tingkat partisipan pilgub hanya 60 persen dan kita harapkan ini melebihi target kami, 75 persen saja sudah alhamdulilah, sukur sukur melampaui keinginan kita", pungkas Mba Ita.