• SELAMAT DATANG DI PORTAL PEMERINTAH KOTA SEMARANG
  • BE SMART CITY : Based on E-gov, Semarang More Accountable, Realistic and the Transparent City.
  • CyGoS (Cyber Government : Semarang) - Cyber Administration, Cyber Information, Cyber Public Service, Cyber Licensing, Cyber Marketing City, Cyber Planning, etc 

Hari Ini, Logistik Coblosan Harus Sudah Sampai TPS

 26-06-2018 11:45 WIB    by Admin    Dilihat: 413 kali Berita Kota
SEMARANG - Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono menegaskan Jawa Tengah telah siap menggelar pelaksanaan Pilkada Serentak 2018 di Jawa Tengah. Dipastikan, seluruh logistik keperluan pencoblosan akan sampai di tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS) masing-masing Kabupaten/Kota pada hari Selasa (26/6) ini

Condro menyampaikan, bahwa untuk Jawa Tengah sudah siap menggelar Pilkada 2018 baik tingkat propins, pilgub maupun di 7 Kabupaten/kota, 1 kota 6 Kabupaten. Logistik keperluan Pilkada sudah dalam proses pendistribusian di masing-masing kecamatan-kecamatan, Senin (25/6) kemarin.

"Bahkan ada juga yang ke PPS atau desa-desa, besok sudah masuk sampai ke TPS-TPS, sampai besok sebelum jam 06.00 pagi, tanggal 27 Juni 2018, harus sudah sampai dan siap semua, dengan pengawalan TNI, Polri," ungkapnya saat gelar apel pasukan pengamanan Pilkada di Lapangan Simpanglima Semarang, Senin (25/5) kemarin.

Lanjut Condro menjelaskan, pada penjagaan dan pengamanan Pilkada 2018 ini, TNI dan Polri telah mengerahkan kekuatan sebanyak 21.275 personil. Pengamanan ini sudah dilakukan sejak tahapan-tahapan pelaksanaan Pilkada 2018. Bahkan, pihaknya akan melaksanakan patroli sekala besar mulai Selasa (26/6) ini.

"Kita ada dinamika-dinamika untuk pengamanan dimana patroli sekala besar mulai besok (hari ini). Ada kelompok ke empat penjuru mata angin, ada satu kelompok ke selatan, utara, barat dan timur, itu sampai saat tanggal 27 Juni 2018 penghitungan suara nanti. Ini untuk langkah pencegahan-pencegahan, jangan sampai ada yang mengganggu proses berlangsungnya Pilkada," tegasnya.

Pihaknya juga menyampaikan, bahwa untuk TNI dan Polri wajib netral dalam pelaksanaan Pilkada, baik sikap netralitasnya tidak menggunakan wewenang, tidak memberikan dukungan kepada pasangan calon, tidak memberikan fasilitas dinas bagi pasangan calon, tidak memasang atribut pasangan calon. Menurutnya, TNI dan Polri akan memberikan pelayanan yang sama, setara, adil kepada semua pasangan calon. 

"Bahwa untuk TNI dan untuk Polri, wajib netral. Jadi komitmen netralitas kita ingatkan terus terhadap suruh jajaran. Dimana deklarasi netralitas sudah kita sampaikan pada saat di Makodam IV Diponegoro, dan ini kita sampaikan terus di jajaran ke bawah," tegasnya.

Pada kesempatan sama, Condro juga menyampaikan Polda Jateng dengan Kodam IV Diponegoro menggeser personil ke wilayah Kabupaten/Kota yang untuk menambah kekuatan. Sedangkan Polda Jateng sendiri, ada 1200 kekuatan lebih yang digeser. Sedangkan jumlah kekuatan TNI dalam pengamanan Pilkada 2018, Condro menyebutkan totalnya sebanyak 9.713 personil. 

"Kemudian hari ini Kota Besar Semarang sudah dilaksanakan serah terima Linmas yang akan menjaga TPS, satu TPS dua orang. Total Linmas di seluruh Jawa Tengah ada 123 ribu, disini ada 5 ribu lebih. Brimob sudah kita distribusikan ke Kabupaten, termasuk Tim Gegana," imbuhnya.