• SELAMAT DATANG DI PORTAL PEMERINTAH KOTA SEMARANG
  • BE SMART CITY : Based on E-gov, Semarang More Accountable, Realistic and the Transparent City.
  • CyGoS (Cyber Government : Semarang) - Cyber Administration, Cyber Information, Cyber Public Service, Cyber Licensing, Cyber Marketing City, Cyber Planning, etc 

Waspadai Money Politik dan Serangan Fajar

 26-06-2018 11:49 WIB    by Admin    Dilihat: 765 kali Berita Kota
SEMARANG - Pelaksanaan Pilkada Serentak 2018 di Jawa Tengah telah mendekati hari pencoblosan yang rencananya akan berlangsung Rabu (27/6) mendatang. Pada pelaksanaan ini, kepolisian juga akan melakukan pengawasan adanya aksi money politik atau serangan fajar yang terjadi saat masa kampanye hingga detik-detik menjelang pencoblosan.

"Sekarang ini sudah mulai tahapan masa tenang hari kedua. Pada masa tenang ini, juga proses pembersihan alat-alat peraga kampanye yang dilakukan baik dari Panwas, Satpol PP, dibackup TNI dan Polri," ungkap Kapolda Jateng Irjen Pol Condro, Senin (25/6) kemarin.

Lanjut Condro menjelaskan, pada masa minggu Tenang ini sudah diintesifkan dengan Panwas, bahwa tidak diperbolehkan adanya kampanye, black campaign, money politik, serangan fajar, intimidasi, fitnah, maupun penyebaran kebohongan. Pihaknya menegaskan, Panwaslu Propinsi dan Kabupaten Kota termasuk Sentra Gakumdu yang ada juga sudah ditekankan di masa tenang ini tidak boleh ada yang kampanye. 

"Silahkan melaporkan kalau ada ditemukan yang masih melakukan kampanye, serangan fajar, mengintimidasi. Itu kalau diketahui langsung kita tindak tegas," tegasnya.

Pihaknya juga telah menginstruksikan kepada Ditreskrimsus Polda Jateng untuk melakukan patroli cyber selama 24 jam, dan berkoordinasi dengan intelijen. Termasuk tim satgas anti teror, juga telah dikerahkan dan tugasnya terus berjalan untuk mengantisipasi terjadinya gangguan-gangguan dalam pelaksanaan pesta demokrasi.

"Rakyat tidak boleh di ganggu. Banjirilah TPS-TPS ini untuk pencoblosan sesuai dengan hati nurani, jangan sampai ada intimidasi ataupun ancaman. Kita harus terus konsentrasi untuk pengamanan mulai dari pencoblosan pemungutan maupun penghitungan," tegasnya.