• SELAMAT DATANG DI PORTAL PEMERINTAH KOTA SEMARANG
  • BE SMART CITY : Based on E-gov, Semarang More Accountable, Realistic and the Transparent City.
  • CyGoS (Cyber Government : Semarang) - Cyber Administration, Cyber Information, Cyber Public Service, Cyber Licensing, Cyber Marketing City, Cyber Planning, etc 

Kebutuhan Tubuh Beda dengan Kecanduan Lidah

 14-08-2018 08:05 WIB    by Admin    Dilihat: 421 kali Berita Kota
SEMARANG – Gaya hidup sehat mulai banyak diterapkan oleh masyarakat. Termasuk juga dari sisi asupan makanan sehat. Ada beberapa hal yang perlu dipahami terkait makanan sehat yang terkadang masih sering salah kaprah.

Pakar Gizi Tan Shot Yen, mengungkapkan, makanan sehat bukan hanya tidak mengandung pengawet dan pewarna saja, melainkan makanan yang dikonsumsi mirip dengan bentuk aslinya. 

Selain itu, pola makan juga tidak harus seimbang. Disebut seimbang setiap kali makan, dipenuhi asupan karbohidrat, protein dan lemak.  Karbohidrat sehat memiliki syarat lambat dicerna menjadi gula, memiliki kandungan serat tinggi, kaya dengan
antioksidan, kaya dengan enzim dan bersifat alkalis.

“Karbohidrat yang baik bukan rafinasi. Sesuatu berasal dari alam tanpa dilucuti melalui berbagai proses,” ujarnya dalam rangkaian seminar pekan menyusui sedunia atau world breast feeding week (WBW) 2018 yang diselenggarakan oleh Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) Jawa Tengah, baru-baru ini.

Selain itu, makanan sehat tidak akan memberi efek kecanduan, karena dasarnya adalah kebutuhan. Kebutuhan tubuh tidak sama dengan kecanduan lidah. Makanan disukai atau tidak tergantung dari masalah pembiasaan dan pembelajaran.

Makanan sehat juga perlu memperhatikan proses pemasakan. Masak enak, tapi juga harus aman. Ia mencontohkan pepes, soto, sup, garang asam, pesmol dan lainnya. Dengan racikan bumbu yang tepat, makanan ini terasa nikmat, namun
perhatikan pembungkusnya.

“Bungkuslah dengan daun, bukan dengan kertas buatan pabrik. Begitu juga dengan warna. Kandungan antioksidan bisa dilihat dari warna. Semakin lama proses memasak semakin berubah warna akan mempengaruhi kandungan di dalamnya,”ujarnya.