• SELAMAT DATANG DI PORTAL PEMERINTAH KOTA SEMARANG
  • BE SMART CITY : Based on E-gov, Semarang More Accountable, Realistic and the Transparent City.
  • CyGoS (Cyber Government : Semarang) - Cyber Administration, Cyber Information, Cyber Public Service, Cyber Licensing, Cyber Marketing City, Cyber Planning, etc 

Hendi dan Gibran Kompak Tekankan Indonesia Butuh Wirausaha Kreatif

 04-09-2018 06:55 WIB    by Admin    Dilihat: 461 kali Berita Kota
SEMARANG- Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi bersama perwakilan startup Madhang. Id, Gibran Rakabuming, dan Managing Director Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata didapuk untuk memberikan motivasi dalam berwirausaha pada kegaiatan Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Dian Nuswantoro, Senin (3/9). Terhitung sebanyak 3.857 mahasiswa baru hadir dari berbagai fakultas salah satu universitas swasta terbaik di Kota Semarang itu. Kegiatan tersebut sendiri dilaksanakan di halaman gedung G Universitas Dian Nuswantoro, Jalan Imam Bonjol, Kota Semarang. 
 
Mengawali giliran berbicara, Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi memaparkan sebuah tema berjudul "Karya Untuk Bangsa". Dalam presentasinya tersebut, Wali Kota yang akrab disapa Hendi tersebut menegaskan jika menjadi seorang wirausahawan adalah representasi kepedulian terhadap kemajuan bangsa Indonesia. Dirinya mencontohkan bagaimana startup Madhang.Id dan Grab Indonesia telah mampu memberi dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat di Indonesia.
 
"Bisnis bukan soal punya modal atau tidak, tapi punya konsep yang benar-benar dibutuhkan masyarakat atau tidak ? Membuat sebuah konsep bisnis tidak cukup bila hanya pintar saja, tetapi juga harus peduli", tutur Wali Kota Semarang yang juga mengawali karirnya sebagai seorang wirausaha tersebut. "Contohnya saat kampung brintik di Kota Semarang kita ubah menjadi Kampung Pelangi dengan dampak nilai ekonomi yang tinggi, ada nilai-nilai kepedulian dalam proses menemukan konsep yang tepat", pungkas Hendi.
 
Dirinya melanjutkan jika dalam konsep pembangunan Kota Semarang dengan bergerak bersama, wirausahawan memiliki peran yang sangat penting. "Ini bukan tentang keuntungan pribadi, melainkan tentang tanggung jawab kita kepada perkembangan bangsa ini", tutur Wali Kota Semarang yang juga politisi PDI Perjuangan tersebut.
 
Di sisi lain Gibran Rakabuming menegaskan jika menjadi wirausahawan di Indonesia jangan minder. Anak pertama dari Presiden Joko Widodo tersebut menegaskan bahwa produk lokal saat ini sudah dicintai oleh masyarakat Indonesia sendiri. "Kalau kalian lihat saat pembukaan Asian Games, jaket dan sepatu yang dipakai bapak saya adalah buatan lokal dan bagus", tegasnya. "Tapi jangan juga berpikiran karena buat produk lokal terus harganya dimurahin, harus tetap mahal untuk bisa bersaing di luar negeri juga", tegas pria yang juga pemiliki gerai Markobar tersebut.
 
Senada, Managing Director Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata menenkankan jika ingin memulai sebuah usaha yang terpenting adalah konsepnya. "Yang terpenting adalah konsepnya serta keinginan untuk dapat menjadi pribadi yang mendukung perkembangan Indonesia", tegas pria yang sebelumnya menjabat direktur operasional Air Asia itu.