• SELAMAT DATANG DI PORTAL PEMERINTAH KOTA SEMARANG
  • BE SMART CITY : Based on E-gov, Semarang More Accountable, Realistic and the Transparent City.
  • CyGoS (Cyber Government : Semarang) - Cyber Administration, Cyber Information, Cyber Public Service, Cyber Licensing, Cyber Marketing City, Cyber Planning, etc 

Semarang Luncurkan Bus Wisata "si Denok"

 27-09-2018 07:42 WIB    by Admin    Dilihat: 491 kali Berita Kota

SEMARANG - Wali Kota Hendrar Prihadi terus melakukan berbagai inovasi guna meningkatkan sektor pariwisata di Kota Semarang.

Setelah sebelumnya, ada bus wisata tingkat yang bernama "Si Kenang" yang mengantarkan warga masyarakat berkeliling ke tempat-tempat wisata di Kota Semarang secara gratis, Rabu (26/9/2018) pagi di Balaikota Semarang, usai memimpin apel Peringatan Hari Perhubungan Nasional Tingkat Kota Semarang, Hendi sapaan akrab wali kota meluncurkan pasangan bus 'Si Kenang', yakni "Si Denok"

Bus berwarna merah itu akan menemani bus wisata tingkat "Si Kenang" melayani masyarakat yang permintaannya membludak.

"Kita seperti menerima rejeki nomplok, karena hari ini memperoleh bus wisata dari CIMB Niaga. Hal ini karena kebutuhan terhadap bus tingkat wisata ini sangat tinggi. Banyak masyarakat yang mendesak agar Pemerintah menyediakan lagi bus tingkat wisata seperti ini (Si Kenang). Singkat cerita Kami telah berkirim surat kepada CIMB Niaga. Dalam waktu yang cepat, tidak sampai dua bulan busnya sudah sampai di Semarang", jelas Hendi sapaan akrab Hendrar Prihadi

Bus "Si Denok" tingkat 2 dengan bentuk yang hampir sama persis dengan bus "si Kenang"yang merupakan bantuan CSR dari Bank CIMB Niaga ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang akan menambah kenyamanan masyarakat. Di antaranya tersedia 53 kursi, dilengkapi alat pemadam kebakaran, CCTV, hingga fasilitas untuk disabilitas juga sudah disematkan. Bus tersebut bermerk MAS asal Jerman dengan karoseri PT. Gemilang Nusantara.

Nantinya, mobil wisata yang baru ini akan berkeliling ke beberapa tempat wisata di Kota Semarang dengan start Museum Ranggawarsito. Rutenya kemudian menuju Kota Lama, Tugu Muda, pusat oleh-oleh di Jalan Pandanaran, berkeliling ke Simpang Lima. Kemudian balik  ke Jalan Pandanaran menuju Kampung Pelangi untuk berhenti sebentar 10 menit, dan ke Klenteng Sam Poo Kong. Kemudian kembali lagi ke Museum Ranggawarsita.

Dua Bus Wisata ini bisa dinaiki gratis dengan menunjukkan KTP di titik start Museum Ronggowarsito. Operasionalnya setiap hari yaitu pukul 08.00, 11.00, 15.00 WIB. Untuk Sabtu dan Minggu ditambah pukul 18.00 WIB.

Sementara Presiden Direktur CIMB Niaga, Tigor M Siahaan mengatakan si Denok merupakan program CSR bank CIMB Niaga. Ia berharap hadirnya bus tersebut bisa mengakomodir minat wisata di Semarang yang terus meningkat.

"Kami berharap dengan bertambahnya bus wisata di Kota Semarang, animo masyarakat untuk berwisata makin meningkat," kata Tigor.