• SELAMAT DATANG DI PORTAL PEMERINTAH KOTA SEMARANG
  • BE SMART CITY : Based on E-gov, Semarang More Accountable, Realistic and the Transparent City.
  • CyGoS (Cyber Government : Semarang) - Cyber Administration, Cyber Information, Cyber Public Service, Cyber Licensing, Cyber Marketing City, Cyber Planning, etc 

Proyek Perbaikan Drainase Kota Semarang Ditarget Rampung Desember

 07-11-2018 07:13 WIB    by Admin    Dilihat: 128 kali Berita Kota
SEMARANG - Kepala Dinas PU Kota Semarang Iswar Aminudin mengungkapkan, pengerjaan proyek drainase ini diprioritaskan dan diutamakan di beberapa lokasi dan titik jalan protokoler Kota Semarang yang sering diterjang banjir dan digenangi air akibat turunya hujan.  

"Ya kita Desember ini harus selesai semua. Disamping saluran juga pedestrian diatasnya. Memang yang saya utamakan untuk tahun ini adalah lokasi-lokasi yang banyak saluran dan  lokasi yang banyak  genangannya," tegas Iswar kepada RMOLJateng, Selasa (6/11).

Iswar menjelaskan, beberapa titik yang saat ini masih dilakukan pengerjaan perbaikan drainase itu diantaranya di Jalan Supriyadi,  Jalan Gajah dan terutama di Kawasan Pusat Kota Simpang Lima Semarang.  

Meski dalam proses pengerjaan, pihaknya menyatakan dampak proyek perbaikan drainase sudah mulai dirasakan dengan berkurangnya dan tidak ada lagi di wilayah yang dulunya sering terjadi banjir. 

"Jalan Supriyadi, Gajah, beberapa kali hujan di Kota Semarang sudah berdampak meski masih dalam proses pembangunan saat ini sudah tidak terjadi lagi beberapa genangan yang sebelumnya muncul  usai hujan. Termasuk Simpang Lima, beberapa kali  hujan ini sudah tidak ada  genangan lagi. Biasanya, walaupun hujan cuman sebentar, sudah ada genangan. Sekarang sudah tidak  ada genangan  lagi kalau hujan," terangnya.

Iswar menjelaskan jika program perbaikan drainase ini dilakukan secara bertahap. Selain perbaikan beberapa saluran sekunder di  beberapa  titik  jalan protokoler kota, pihaknya juga melakukan revitalisasi dan normalisasi sungai  yang menjadi hulu beberapa titik sekunder saluran di  wilayah Kota Semarang. Beberapa sungai tersebut diantaranya, Kali  Tenggang dan Kali  Sringin yang berada di wilayah Timur Kota Semarang.  

"Intinya secara bertahaplah. Saya kira Tenggang,  Sringin selesai Banjir Kanal Timur selesai, untuk wilayah itu selesai juga bersamaan. Cuman memang pada beberapa titik-titik yang terkait saluran-saluran sekunder harus kita normalisasi," jelas Iswar.