• SELAMAT DATANG DI PORTAL PEMERINTAH KOTA SEMARANG
  • BE SMART CITY : Based on E-gov, Semarang More Accountable, Realistic and the Transparent City.
  • CyGoS (Cyber Government : Semarang) - Cyber Administration, Cyber Information, Cyber Public Service, Cyber Licensing, Cyber Marketing City, Cyber Planning, etc 

Walikota Semarang Revitalisasi Dan Normalisasi 4 Sungai untuk Atasi Banjir

 08-11-2018 10:58 WIB    by Admin    Dilihat: 424 kali Berita Kota
SEMARANG - Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi mengatakan,  menghadapi persoalan rob dan banjir langganan saat musim penghujan ini, pihaknya tahun ini telah melakukan langkah revitalisasi dan normalisasi sungai terutama yang ada di wilayah timur, khususnya untuk mengatasi persoalan genangan di wilayah Genuk.
 
Sampai hari ini, menurut pria yang akrab disapa Wali Kota Hendi ada sebanyak empat sungai yang sedang dilakukan pengerjaan revitalisasi dan normalisasinya yaitu;  Sungai Banjir Kanal Timur, Sungai Tenggang, Sungai Sringin dan Sungai Babon. 
 
"Dimana Tenggang, Sringin, Babon juga muara sungainya sudah ditutup, mestinya tidak ada persoalan lagi dengan rob di wilayah timur atau Genuk," tegas Hendi, Rabu (07/11).
 
Hendi menjelaskan, dengan dilakukannya penanganan tersebut, saat ini pihaknya tengah memfokuskan pada penanggulangan banjir karena hujan. 
 
"Ditutupnya tiga sungai tersebut, mestinya ada konstruksi teknis dengan pemasangan pompa dan rumah pompa yang sudah disiapkan di daerah aliran Sungai Tenggang maupun Sungai Sringin," jelas Hendi. 
 
Namun, Hendi menambahkan sampai dengan hari ini, baru bagian pompa khususnya di Sungai Sringin yang terpasang. 
 
"Sisanya akan kita selesaikan secepatnya, begitu pompa itu sampai di Kota Semarang dan akan kita minta kontraktor untuk memasang dan menyelesaikan," pungkas Hendi.