• SELAMAT DATANG DI PORTAL PEMERINTAH KOTA SEMARANG
  • BE SMART CITY : Based on E-gov, Semarang More Accountable, Realistic and the Transparent City.
  • CyGoS (Cyber Government : Semarang) - Cyber Administration, Cyber Information, Cyber Public Service, Cyber Licensing, Cyber Marketing City, Cyber Planning, etc 

Konsen Pembinaan Koperasi, Pemkot Semarang Apresiasi Pertamina MOR IV

 19-11-2018 08:06 WIB    by Admin    Dilihat: 281 kali Berita Kota
SEMARANG - Keberpihakan pada koperasi dan bina lingkungan (PKBL) selama tahun 2018 ini,  PT Pertamina Marketing Operation Region (MOR) IV mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Kota Semarang, yang diberikan di Kantor Pemkot Semarang oleh Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu.
 
Sejak tahun 1993, Pogram Kemitraan Pertamina MOR IV Jateng DIY telah membina sebanyak 1.443 Mitra Binaan di wilayah Kota Semarang.
 
“Mayoritas sektor usaha yang menjadi mitra binaan pertamina di semarang adalah UKM yang berwirausaha di sektor Industri, Perdagangan dan Jasa” ujar Andar Titi Lestari, Unit Manager Communication & CSR MOR IV, kepada wartawan, Jumat (16/11/2018).
 
Andar menambahkan bahwa Pertamina tidak hanya menyalurkan pinjaman rendah bunga tetapi juga melakukan pembinaan kepada para UKM yaitu dengan pelatihan dan partisipasi dalam kegiatan pameran baik di dalam dan luar negeri.
 
Program Kemitraan adalah pemberian pinjaman modal dengan jasa pinjaman 3 persen pertahun dengan perhitungan saldo menurun.
 
Dana yang disalurkan seperti dana bergulir yang ditujukan untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil di delapan sektor usaha yaitu sektor industri, perdagangan, pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan dan usaha jasa.
 
Terdapat beberapa syarat bagi para pelaku usaha UMKM untuk bisa menerima program PKBL Pertamina.
 
"Badan Usaha atau Perseorangan memiliki aset bersih maksimal Rp 1 miliar, tidak termasuk tanah dan bangunan, omzet usaha tidak lebih dari Rp 2,5 miliar dan kegiatan usahanya sudah berjalan setidaknya selama setahun dan berdiri sendiri,” Jelas Andar.
 
“Melihat potensi pertumbuhan UMKM yang terus meningkat, kami berharap jumlah UMKM di Kota Semarang yang kami bina terus menambah tidak hanya pada usaha konvensional tetapi juga usaha-usaha anak muda yang sarat kreativitas dan teknologi,” lanjutnya.
 
Dalam kesempatan yang sama, Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu mengungkapkan bahwa dukungan Pertamina dalam membina usaha mikro, kecil dan menengah Pemerintah kota semarang sangat berarti.
 
Pihaknya menilai Program Kemitraan di Pertamina berhasil meningkatkan daya saing UMKM yang dibina atau yang disebut mitra binaan Pertamina.