• SELAMAT DATANG DI PORTAL PEMERINTAH KOTA SEMARANG
  • BE SMART CITY : Based on E-gov, Semarang More Accountable, Realistic and the Transparent City.
  • CyGoS (Cyber Government : Semarang) - Cyber Administration, Cyber Information, Cyber Public Service, Cyber Licensing, Cyber Marketing City, Cyber Planning, etc 

Dorong UMKM Semarang Bersaing di Pasar Nasional, Hendi Gaet GO-JEK dan Blibli

 26-11-2018 08:00 WIB    by Admin    Dilihat: 142 kali Berita Kota

SEMARANG - Kota Semarang kian berupaya keras mewujudkan diri sebagai kota pusat perdagangan dan Jasa di Pulau Jawa. Selain melakukan pembenahan infrastruktur besar-besaran guna membuka aksesbilitas Kota Semarang untuk meningkatkan kunjungan, kini giliran pelaku UMKM di Kota Semarang yang didorong untuk memperluas cakupan pasar hingga ke seluruh Indonesia. Tak tanggung-tanggung, dua Start-Up besar Indonesia digaet untuk dapat bekerjasama membantu pengembangan usaha UMKM di Kota Semarang.

 

Adalah PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (GO-JEK) serta PT Global Digital Niaga (BliBli.com) yang diikat secara khusus oleh Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi melalui sebuah penandatanganan kesepakatan bersama yang dilakukan di Balaikota Semarang, Jumat (23/11). Melalui kesepakatan tersebut, baik Go-Jek maupun BliBli berkomitmen untuk memberikan fasilitas jejaring agar produk UMKM Kota Semarang dapat terdistribusi ke seluruh Indonesia, hingga menjadi komoditi eksport.

 

Senior Vice President Merchant Sales Operation and Development BliBli.com, Geoffrey Lew Dermawan bahkan menegaskan untuk total mendukung UMKM di Kota Semarang, BliBli.com akan menanggung seluruh biaya pengiriman produk UMKM ke seluruh daerah di Indonesia. "UMKM di Kota Semarang tidak usah memikirkan terkait biaya pengiriman produknya, akan kita gratiskan. Dengan begini saya yakin semua bisa go global," tegasnya.

 

Di sis lain, Vice President Regional Public Policy Go-Jek, Damar Juniarto mengapresiasi kolaborasi yang diinisiasi dalam rangka mendukung perluasan pasar UMKM di Kota Semarang tersebut. "Saya rasa dengan ini kita dapat menjadi sebuah kekuatan besar," tegas Damar. "Semarang Smart City memang benar, karena kota ini sudah dikelola dengan baik," apresiasinya. 

 

Adapun Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi meyakinkan jika produk UMKM Kota Semarang mampu bersaing di pasar nasional. "Produk Kota Semarang tidak kalah, ada beberapa yang sudah go nasional bahkan internasional, untuk itu hari ini kita ajak Go-Jek dan BliBli.com untuk bisa membantu mendorong lebih banyak UMKM di Kota Semarang yang go nasional," terang Hendi, akrab disapa Wali Kota Semarang tersebut.

 

"Dengan lebih banyak brand dari Semarang yang go nasional, maka Kota Semarang akan semakin dikenal, dan akan semakin banyak UMKM lagi yang bisa berkembang, saya yakin ini akan bergulir terus," pungkas pria yang juga politis PDI Perjuangan itu.