• SELAMAT DATANG DI PORTAL PEMERINTAH KOTA SEMARANG
  • BE SMART CITY : Based on E-gov, Semarang More Accountable, Realistic and the Transparent City.
  • CyGoS (Cyber Government : Semarang) - Cyber Administration, Cyber Information, Cyber Public Service, Cyber Licensing, Cyber Marketing City, Cyber Planning, etc 

SPAM Semarang Barat jadi Proyek KPBU Percontohan

 13-12-2018 08:38 WIB    by Admin    Dilihat: 144 kali Berita Kota

SEMARANG - Proyek SPAM Semarang Barat diresmikan oleh Menteri Keuangan, Sri Mulyani dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, serta Sekretaris Jendral Menteri Dalam Negeri, Hadi Prabowo di Aula PDAM Tirta Modal Semarang, Rabu (12/12/2018).

Proyek tersebut diharapkan bisa jadi role model untuk ditularkan ke wilayah lain.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, mengatakan SPAM Semarang Barat merupakan proyek percontohan KPBU di Indonesia. Jika nanti berhasil nantinya akan diterapkan pada proyek SPAM di Riau, Lampung dan beberapa proyek di daerah lainnya.

"Tahun 2019 ada empat proyek dengan sistem KPBU diantaranya proyek SPAM Semarang Barat dan jalan tol," ujarnya.

Pihaknya berterima kasih kepada semua pihak yang menyukseskan proyek tersebut. Menurutnya, keberhasilan SPAM Semarang Barat membuktikan Kota Semarang menjadi kota yang layak untuk melakukan investasi.

Sementara Menteri Keuangan, Sri Mulyani, mengapresiasi proyek KPBU Spam Semarang Barat. Menurutnya, proyek tersebut bakal dijadikan role model di daerah lain di Indonesia.

"Setidaknya ada 20 peserta dari luar negeri yang mengikuti lelang proyek SPAM Semarang Barat. Pengelolaan air ini cukup diminati pihak asing," katanya.

Sri Mulyani berpesan agar SPAM Semarang Barat segera diselesaikan secepatnya. Sehingga nantinya seluruh warga Kota Semarang bisa menikmati air bersih dengan harga terjangkau.

"Apalagi saat ini belum seluruhnya warga Kota Semarang bisa menikmati air bersih. Saya akan pantau langsung secara berkala pekerjaan konstruksinya agar cepat selesai dan bisa dinikmati masyarakat luas,"

Sedangkan PJs Dirut PDAM Tirta Modal,M. Farhan, menerangkan biaya investasi SPAM Semarang Barat mencapai Rp1,072 triliun. Proyek tersebut memakai sistem Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha