• SELAMAT DATANG DI PORTAL PEMERINTAH KOTA SEMARANG
  • BE SMART CITY : Based on E-gov, Semarang More Accountable, Realistic and the Transparent City.
  • CyGoS (Cyber Government : Semarang) - Cyber Administration, Cyber Information, Cyber Public Service, Cyber Licensing, Cyber Marketing City, Cyber Planning, etc 

Nilai Investasi Semarang Lampaui Target Capai Rp 23 Triliun

 14-12-2018 08:57 WIB    by Admin    Dilihat: 149 kali Berita Kota

SEMARANG – Nilai investasi Penanaman Modal Asing (PMA) maupun Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) di Kota Semarang hingga periode awal Desember 2018 mencapai senilai Rp23 triliun, mampu melampui yang diargetkan sebesar Rp17,5 trilun hingga akhir tahun ini.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Semarang Ulfi Imran Basuki mengatakan nilai investasi di Kota Semarang menunjukkan trens positif hingga awal Desember ini sudah tercatat mencapai senilai Rp23 triliun baik PMA maupun PMDN.

“Nilai invsestasi sebesar itu, mampu melampaui target yang telah ditetapkan hingga 2018 sebesar Rp 17,5 triliun,” ujarnya semarangpedia.com, di Kantor DPMPTSP Kota Semarang,  Rabu (12/12).

Menurutnya, realisasasi investasi di Kota Semarang senilai itu melampaui target yang telah ditetapkan hngga menunjukkan tren pertumbuhan signifikan. Bahkan investasi yang masuk masih didominasi oeh PMDN sebesar 70% dan sisanya 30% merupakan investasi PMA.

Investasi yang masuk di Kota Semarang, lanjutnya, sebagian besar merupakan industri yang bergerak di sektor perdagangan, perindustrian, jasa dan properti.

Ulfi menuturkan tingginya minat investor untuk menanamkan modalnya di Kota Semarang tidak lepas dari upaya Pemkot untuk terus melakukan pembenahan berbagai hal.

Menurutnya, terdapat empat hal yang dilakukan Pemerintah Kota Semarang agar investor tertarik dan merasa nyaman untuk berusaha di ibukota Jateng ini.

“Ada empat hal yang perlu diperhatikan untuk menarik investasi selain infrastruktur yang mendukung, informasi teknologi seperti sistem elektronik digital dan online, perizinan cepat dan mudah serta kepastian hukum. Pemkot Semarang telah merealisasikan dan mengoptimalkan hal tersebut sehingga mampu menarik investor,” tuturnya.