• SELAMAT DATANG DI PORTAL PEMERINTAH KOTA SEMARANG
  • BE SMART CITY : Based on E-gov, Semarang More Accountable, Realistic and the Transparent City.
  • CyGoS (Cyber Government : Semarang) - Cyber Administration, Cyber Information, Cyber Public Service, Cyber Licensing, Cyber Marketing City, Cyber Planning, etc 

Kurangi Banjir dan Rob, Pompa Sringin dan Tenggang Dioptimalkan

 17-12-2018 07:16 WIB    by Admin    Dilihat: 124 kali Berita Kota

SEMARANG - Tiga unit pompa di Sungai Sringin bakal diaktifkan untuk mengurangi banjir dan rob di wilayah Kecamatan Genuk. Hal itu diungkapkan, Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita G. Rahayu ketika meninjau rumah pompa Sringin dan Tengang, Jumat (14/12/2018).

“Untuk Sungai Sringin hari ini ada tiga pompa yang aktif dengan kapasitas satu pompa sekitar 2.000 kubik perdetik,” ujarnya.

Mbak Ita sapaan akrabnya menerangkan, dalam dua hari mendatang empat pompa di Sungai Sringin juga akan diaktifkan. Menurutnya, hal itu untuk sebagai langkah antisipasi, apalagi saat ini hujan terus mengguyur Kota Semarang.

Dia mengatakan dengan tiga pompa tersebut jika diaktifkan selama satu jam bisa mengurangi genangan satu sentimeter hingga dua sentimeter. Ia berharap, ketika rumah pompa di Sringin sudah rampung pengerjaannya yang ditarget pada akhir Desember ini nantinya dapat mengantisipasi  wilayah Genuk dan sekitarnya dari genangan.

Untuk  Sungai Tenggang saat ini baru dua pompa siap dioperasikan. Pihaknya meminta BBWS Pemali Juana selaku leading sector proyek pembangunan rumah pompa Sungai Tenggang untuk mempercepat proses penyelesaian pembangunan.

“Kalau unit pompanya sudah siap, namun dari segi konstruksinya belum siap 100%,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala BBWS Pemali Juana, Ruhban Ruzziyatno, yang ikut dalam tinjauan tersebut mengakui jika pembangunan infrastruktur rumah pompa di Sungai Tenggang belum tuntas seluruhnya.

“Untuk amannya pompa itu harus ada rumah pompa. Namun karena ini mendesak, kami percepat progresnya dan tiap hari akan kami pantau perkembangannya,” tandasnya.