• SELAMAT DATANG DI PORTAL PEMERINTAH KOTA SEMARANG
  • BE SMART CITY : Based on E-gov, Semarang More Accountable, Realistic and the Transparent City.
  • CyGoS (Cyber Government : Semarang) - Cyber Administration, Cyber Information, Cyber Public Service, Cyber Licensing, Cyber Marketing City, Cyber Planning, etc 

GOWES BIKE SHARING RESMIKAN OTOPED LISTRIK PERTAMA di SEMARANG

 04-02-2019 11:42 WIB    by Admin    Dilihat: 515 kali Berita Kota
SEMARANG – Kegiatan Launching Kick Off Gowes Semarang Hebat telah diresmikan oleh  Kepala DPM PTSP Ulfi Imran Basuki mewakili Bapak Walikota Semarang Hendrar Prihadi.

Acara yang diselenggarakan pada Minggu pagi (3/1) di CFD Kawasan Simpang Lima Kota Semarang ini dilakukan dengan uji coba mengitari kawasan Simpang Lima dengan Otoped Listrik dan Sepeda Listrik.
Acara ini dihadiri oleh Kepala DPM PTSP, FORKOMPINDA yang diwakili Kepala OPD Kota Semarang, pihak GOWES dan XL. Program Bike Sharing Gowes sebelumnya telah sukses dilakukan di beberapa kota yaitu Jakarta,Bandung,Tangerang Selatan dan juga Bali.

Berkiblat dari negara maju di Eropa, Kota Semarang terus membenahi cara menanggulangi kemacetan dengan bekerjasama pada GOWES dan XL. Selain memudahkan aktifitas masyarakat, hal ini juga turut mendukung Go Green.

Kendaraan ramah lingkungan ini terdiri 30 unit sepeda, 20 unit otoped dan 10 unit e-bike GOWES fleet. Keseluruhan digunakan untuk uji coba secara gratis, sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat Semarang.

Ulfi Imran Basuki menerangkan nantinya wisatawan Kota Semarang dimudahkan berkeliling tempat wisata dengan mendownload  Gowes berbasis aplikasi Android di app Store dan Google Play untuk menyewa atau memesannya.

Iwan Suryaputra, Presiden Direktur Surya Teknologi Perkasa (GOWES) menyebut keberadaan  Gowes di Semarang adalah menyediakan layanan bike sharing bertujuan untuk transportasi sehat yang tidak menimbulkan polusi suara dan polusi udara serta menciptakan  gaya hidup sehat dan ramah lingkungan.

Rute pertama dari GOWES adalah Simpang Lima, Lawang Sewu, Kota Lama dan akan terus diekspansi di beberapa titik wisata dan hotel lainnya di Kota Semarang. Kedepannya masyarakat bisa memanfaatkan Gowes Bike Sharing ini untuk kegiatan sehari-hari dengan Sepeda untuk jarak pendek 1-3 km dan kendaraan listrik bagi jarak jauh“Acara GOWES ini bagus sekali, nanti rencananya sepeda GOWES ini akan ditempatkan ditempat-tempat Wisata Kota Semarang khususnya Kota Lama dan tempat wisata lainnya” ungkap Masdiana Safitri,selaku Kepala Dinas Pariwisata Kota Semarang.

Harapan dari adanya program ini adalah masyarakat Kota Semarang dapat menyambut dengan antusias  dan dengan terselenggarakan program layanan ini nantinya turut mengurangi produksi gas emisi dan tak ketinggalan yaitu meningkatkan Pariwisata Kota Semarang.