• SELAMAT DATANG DI PORTAL PEMERINTAH KOTA SEMARANG
  • BE SMART CITY : Based on E-gov, Semarang More Accountable, Realistic and the Transparent City.
  • CyGoS (Cyber Government : Semarang) - Cyber Administration, Cyber Information, Cyber Public Service, Cyber Licensing, Cyber Marketing City, Cyber Planning, etc 

Kunjungan USAID, Lapor Hendi Segera Terapkan Model 3 point 1

 11-02-2019 06:40 WIB    by Admin    Dilihat: 420 kali Berita Kota
SEMARANG – USAID melakukan kunjungan ke Studio Mini Gedung PIP kota Semarang pada Jumat, 8 Februari 2019. Acara yang dihadiri oleh Wali Kota Semarang, Kepala Diskominfo Kota Semarang dan anggota USAID ini dilakukan  untuk membantu menganalisa penurunan tren Lapor Hendi di kalangan masyarakat.
Selain itu tujuan
kunjungan USAID ini adalah untuk mensupport pola pembangunan Lapor Hendi dengan model 3 point 1. Sehingga nantinya Lapor Hendi model tidak hanya dua arah namun dapat dilakukan 3-4 arah dari berbagai instansi. Tujuannya adalah memberikan masukan atau membantu klarifikasi agar lebih cepat sampai pada masyarakat atau pelapor.

USAID sendiri adalah lembaga pendonor yang memberikan support terkait dengan program lapor yang di breakdown menjadi Lapor Hendi. Seperti yang diketahui Pemerintah Kota Semarang telah melaksanakan pola keterbukaan pada masyarakat melalui penyerapan aspirasi dengan sms 1708, dan Media Sosial dengan berbagai aplikasi Lapor Hendi pada bulan Mei 2016.

Penurunan terlihat pada tahun 2017 tren masyarakat melaporkan pada Lapor Hendi mencapai 6400 sedangkan pada tahun  2018 tren menurun hingga 2500-2800.

“ini yang saya minta dari teman-teman terutama USAID untuk membantu menganalisa penurunan treng ini kenapa, kalau konteksnya positif kami senang, namun jika ad kekecewaan masyarakat pada pemerintah maka dijadikan masukan yang sangat menarik bagi Pemerintah Kota Semarang untuk introspeksi”.
Wali Kota Semarang mengungkapkan bahwa laporan terbanyak dari masyarakat kota Semarang berbeda masalah setiap bulan tergantung musim. 5 besarnya adalah mengenai infrastruktur jalan, parkir, saluran air, PDAM, PKL, parkir.

Dalam penanganan Lapor Hendi maksimal 10 hari sudah harus ditangani, jika lebih dari 10 hari masyarakat bisa segera melaporkan ke Pemerintah Kota Semarang dan akan ditangani oleh OPD Kota Semarang.