• SELAMAT DATANG DI PORTAL PEMERINTAH KOTA SEMARANG
  • BE SMART CITY : Based on E-gov, Semarang More Accountable, Realistic and the Transparent City.
  • CyGoS (Cyber Government : Semarang) - Cyber Administration, Cyber Information, Cyber Public Service, Cyber Licensing, Cyber Marketing City, Cyber Planning, etc 

PSD (Pertanyaan Sering Ditanyakan)

Pencarian :

Pertanyaan:

Apakan pengambilan JHT (Jaminan Hari Tua) ada masam kadaluarsa?

Jawab :

Masa kadaluarsa untuk pengambilan JHT tidak ada setelah tenaga kerja berhenti bekerja

Pertanyaan:

Pipa sebelum meteran bocor tanggung jawab siapa?

Jawab :

Kerusakan instalasi sebelum meter air menjadi tanggung jawab dari PDAM, dan sebaliknya untuk instalasi setelah meter air menjadi tanggung jawab pelanggan. 

Mengenai informasi ini mohon kiranya dapat menghubungi call center PDAM Tirta Moedal Kota Semarang 024-76920999, guna penanganan oleh petugas

Pertanyaan:

Bagaimana Cara membayar iuran BPJS Kesehatan jika Nomor Rekening yang biasa dibuat membayar hilang?

Jawab :

Bila Kartu Pesertanya masih ada, silakan tunjukan kartu peserta ke outlet pembayaran di Bank, Indomaret, Alfamart atau kantor pos. Bila kartu hilang juga, maka anda bisa datang ke kantor BPJS Kesehatan cabang utama Semarang bagian penanganan keluhan di lantai 2, sambil membawa KTP dan Kartu Keluarga (KK), nanti akan diberikan virtual accountnya, setelah itu silakan bayar iuran tertunggaknya. Setelah bayar, kartu perserta akan dicetak kembali.

Pertanyaan:

Apakan penambahan daya listrik dari 3.500 ke 5.500 pakai meter bukan pakai pulsa masih bisa dilayani?

Jawab :

Untuk perubahan daya dari 3.500 menjadi 5.500 menggunakan kwh meter paska bayar masih bisa dilayani. Silakan bisa mendaftarkan lewat Contact Center PLN di (kode area) 123 atau datang langsung ke kantor PLN terdekat

Pertanyaan:

Bagaimana cara berhenti BPJS?

Jawab :

Silakan datang ke kantor BPJS Kesehatan sambil membawa kartu BPSJ Kesehatan, KK dan KTP. Nanti dipersilakan mengisi formulir

Pertanyaan:

Apakah pasang listrik 900 VA masih dilayani?

Jawab :

Permohonan pasang baru untuk daya 900 VA masih di layani. Permohonan sambungan listrik 900VA bagi peruntukan rumah tangga dapat dilayanin apabila terdapat di Basis Data Terpadu Tim Nasional Penanggulangan Kemiskinan (BDT TNP2K). Apabila calon pelanggan yang mengajukan permohonan tidak tercantum dalam BDT TNP2K, maka akan dilayani sebagai konsumen rumah tangga dengan daya 1.300 VA

Pertanyaan:

Apakah kasus kasus Kuret atau Pendarahan bisa memakai BPJS Kesehatan?

Jawab :

Selama Mengikuti ketentuan yang berlaku dan dilayani di fasilitas kesehatan yang be4kerja sama, maka kasus Kuret bisa dijamin oleh BPJS Kesehatan

Pertanyaan:

Bagaimana cara lapor peserta BPJS Kesehatan yang meninggal? apakah harus lapor?

Jawab :

Perlu lapor untuk data pesertanya biar di-nonaktifkan. Bila tidak dinonaktifkan, maka iurannya akan terbentuk terus. Untuk lapor, cukup membawa surat kematian dan kartu atau KTP yang bersangkutan 

Pertanyaan:

Bagaimana kalau nama di dalam sertifikat tanah tidak sesuai KTP dan KK dan dimana harus mengurusnya?

Jawab :

Jika ada ketidaksuaian nama antara di sertifikat tanah dan KTP/KK, silakan urus di Kantor Pertanahan setempat