• SELAMAT DATANG DI PORTAL PEMERINTAH KOTA SEMARANG
  • BE SMART CITY : Based on E-gov, Semarang More Accountable, Realistic and the Transparent City.
  • CyGoS (Cyber Government : Semarang) - Cyber Administration, Cyber Information, Cyber Public Service, Cyber Licensing, Cyber Marketing City, Cyber Planning, etc 

PSD (Pertanyaan Sering Ditanyakan)

Pencarian :

Pertanyaan:

Kepada pihak terkait, mohon perbaikan Jalan Pedamaran. Kondisinya sudah rusak parah. Apalagi lagi dengan adanya pembangunan Pasar Johar.

Jawab :

Bapak ibu untuk perbaikan jalan baik itu jalan Pedamaran maupun arah jalan masuk ke pasar Johar. Perbaikannya menjadi kewenanganya DPU. Terima kasih.

Pertanyaan:

Tribun Jateng semoga sukses. Jalan masuk relokasi Pasar Johar MAJT kondisinya memprihatinkan. Banyak lubang apalagi sehabis turun hujan, kubangan dimana-mana hingga menutupi jalan yang berlubang dan banyak pedagang/pembeli yang terperosok bahkan ada yang sampai jatuh. Apa tidak ada rencana jangka pendek dulu untuk menguruk jalan yang rusak dan berlubang? Mengingat jalan itu masih sering dilewati truk proyek mungkin blm bisa memperbaiki secara keseluruhan, tapi apakah dari pihak pasar/ dinas perdagangan memberi solusi sementara dengan menguruk dulu. Mohon dicek saat sehabis hujan, lihat kondisinya,mohon pihak yang bertanggung jawab mempertimbangkan demi kenyamanan pedagang/pembeli yang masuk relokasi pasar Johar, Terima kasih.

Jawab :

Untuk jalan jadi wewenang DPU. Memang saat ini curah hujan merata disana ada pembangunan proyek. Oleh karena itu disperindag akan menyurati DPU untuk dilakukan perbaikan manakala proyek itu sudah jadi.

Pertanyaan:

Masalah Jalan Ki Mangunsarkoro yang terus macet, bagainana kalau dijadikan satu arah dari Jalan Ahmad Yani, termasuk K.H.Ahmad dahlan (Telogorejo). Sebab sekarang sentraland belum buka saja macet, kalau sudah buka nanti macetnya kaya apa.

Jawab :

Akan kami survei dan kaji sebelumnya. karena menerapkan SSA tidak asal menerapkan tetapi harus melalui proses pengkajian mendalam terlebih dahulu

Pertanyaan:

Kepada PT.PLN yang terhomat, mohon bantuannya saya pelanggan PLN daya 900 kwh, sudah disurvei bantuan subsidi oleh Petugas PLN bernama Ibu Endang Sri K, formulir yang putih dibawa petugas, tapi sekarang bayarnya malah dua kali lipat. Mohon bantuan keringanan saya tidak bekerja, cacat, kena jantung umur 58 tahun tinggal berdua sama istri. Bambang. Satria Utara IV No 41 Plombokan

Jawab :

Kepada Yth. Bapak Bambang, berdasar hasil dari verifikasi oleh TNP2K tergolong tarif R1 daya 900 VA bersubsidi. Rekening listrik dengan tarif subsidi akan terbit bulan Agustus

Pertanyaan:

E-KTP saya rusak terkelupas.l Kalau mau ganti yang baru apakah bisa dan syaratnya apa saja?

Jawab :

Bisa diganti dengan membawa KTP yang rusak ke Disdukcapil. Kalau alamat di KTP masuk di Kota Semarang, bisa ketemu Pak Wahyu. (pow)

 

Pertanyaan:

BPJS yang merupakan program pemerintah mengapa pendaftarannya harus bertele-tele, tidak dipermudah. Sekarang zaman komputer, mengapa tidak secara on line saja pendaftarannya. Pengumpulan data dan dokumen di masing masing kecamatan, seperti urus KTP, sehingga mudah daftarnya

Jawab :

Pendaftaran BPJS zaman sekarang sudah sangat dipermudah,
Berikut lokasi-lokasi pendaftaran
1. Kantor BPJS Kesehatan­
2. Melalui sistim "drop-box" di semua Kecamatan
3. Melalui sistim "drop-box" di 11 Pasar (dinas perdagangan)
4. Di counter Plaza simpang lima (lantai 5)
5. Di counter Java Mall (lantai 3)
6. Pada saat car free day di Simpang lima
7. Melalui online website BPJS Kesehatan
8. Melalui telpon 1-500-400­

Semoga dapat menjadi referensi saudara, terima kasih

Pertanyaan:

Bagaimana caranya dapat program UHC dari Bapak Walikota kalau sudah jadi anggota BPJS tapi karena sudah tidak bekerja / menganggur akhirnya diblokir. Saya juga penderita jantung yang sdh lama tidak periksa karena diblokir.

Jawab :

Program Universal Health Coverage (UHC)Kota Semarang merupakan komitmen pemerintah dalam memberikan jaminan kesehatan bagi seluruh masyarakat Kota Semarang. Antara lain dengan adanya Kewajiban pemberi kerja untuk mendaftarkan Tenaga Kerjanya dalam Jaminan Sosial Kesehatan dan Ketenagakerjaan. Untuk masyarakat yang pernah didaftarkan sebaga peserta BPJS Kesehatan kemudian tdk bekerja lagi (PHK, Pemberhentian, dll) dan memerlukan pelayanan kesehatan dapat dialihkan dengan ketentuan; Warga kota semarang dengan KK/KTP dan menetap minimal 6 bulan dan melampirkan surat pemberhentian pekerjaan.

Pertanyaan:

Mohon penjelasan saya ingin mengurus izin pasang saluran PDAM baru syarat-syarat sudah saya penuhi tapi kurang satu yaitu PBB. Kira-kira jika pakai PBB lama boleh apa tidak, terima kasih.

Jawab :

Pada dasarnya fotokopi PBB menjadi salah satu syarat pengajuan sambung baru PDAM adalah sebagai bukti keabsahan status persil tanah dan bangunan calon pelanggan PDAM, silahkan fotokopi PBB lama digunakan untuk mendaftar, namun alangkah baiknya untuk PBB segera dibayarkan.

Pertanyaan:

Saya warga Kota Semarang tercinta, sejak tahun 1987 saya sering lewat Jalan Borobudur Selatan dan sangat nyaman, akan tetapi semenjak di tikungan Jalan Borobudur Selatan tersebut berdiri toko bangunan. Pengguna jalan merasa kurang nyaman, karena sering truk bongkar muat. Lebih-lebih kalau truk tersebut parkir yang tidak pada tempat. Mohon kepada dinas terkait untuk cek lokasi tersebut. Terima kasih.

Jawab :

Terima kasih Jalan Abulrahman Saleh telah kami larang truk diatas MST 5 ton melintas untuk mengurangi resiko kecelakaan. Sedangkan truk di Simpang Borobudur Selatan akan kami cek apakah adanya bongkar muat barang di lokasi tersebut. Memang mengganggu kelancaran lalu lintas. Jika mengganggu akan kami imbau dan tertibkan