PLS DEKATKAN SISWA DENGAN SEKOLAH


17 Juli 2019  •  00:00  •  Dilihat 27x  •  SMP N 13  •  Tidak Berkategori
 PLS DEKATKAN SISWA DENGAN SEKOLAH

Penerimaan Peserta Didik Baru ]Tahun Ajaran 2019/2020 telah dilaksanakan. Berhubungan dengan hal tersebut, untuk mengawali tahun ajaran baru bagi kelas tujuh, SMP N 13 Semarang mengadakan PLS ( Pengenalan Lingkungan Sekolah ) tahun pelajaran 2019/2020. PLS tersebut dilaksanakan selama tiga hari ( 15-17 Juli 2019 ) di Aula SMP N 13 Semarang.

Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk masa readaptasi anak anak peserta didik baru, sehingga mereka mengenal SMP N 13 Semarang dan mereka pun menjadi taat terhadap tata tertib yang ada. Kegiatan ini dipandu oleh OSIS, beberapa guru, dan beberapa staf karyawan SMP N 13 Semarang. Selama tiga hari, kegiatan ini diawali dengan apel pagi, kemudian peserta didik dikumpulkan di aula untuk memulai materi PLS. Selain diberi materi PLS, peserta didik baru juga diperkenalkan ekstrakulikuler yang ada di SMP N 13 Semarang. Hal ini adalah salah satu yang menarik dari PLS tahun ini. Hampir semua ekstrakulikuler menampilkan dan memamerkan keahlianya di bidangnya masing masing, diantaranya yaitu ada Dewan Galang, Karate, Tari, PMR, OSN, dan Rebana. Ekstra - ekstra tersebut ditampilkan pada hari pertama PLS. 

Pada hari kedua, ekstrakulikuler Paskibra menampilkan sebuah demo untuk menampilkan bakatnya dan menarik hati para siswa baru kelas tujuh untuk mengikuti ekstrakulikuler Paskibra. Para siswa baru pun antusias dan sangat senang saat menonton pertunjukan demo paskibra SMP N 13 Semarang. Hari ketiganya pun tidak kalah seru dan menarik. Di hari ketiga, didalam acara kesenian Pak Giyatno, sebagai guru seni budaya mengenalkan salah satu ekstrakurikuler yang beliau dampingi yaitu Band. Penampilan tersebut dibawakan oleh Adji (9G), siswa yang memainkan alat musik keyboard dan Abin (9B) salah satu anggota OSIS yang menyumbangkan suaranya sebagai vokalis. Anak anak peserta didik baru terlihat sangat menikmati pertunjukan kesenian yang di tampilkan tersebut. Tak kalah penting, OSIS mengadakan bakti sosial dari setiap kelas seperti pengumpulan pensil, penggaris, buku tulis, beserta alat tulis lainnya. Hal ini dilakukan dengan tujuan supaya bisa digunakan bersama untuk kepentingan mendatang.

Tujuan PLS selain untuk mengenalkan SMPN 13 Semarang adalah untuk menumbuhkan perilaku positif siswa antara lain kedisiplinan, kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai dan menghormati. Siswa diharapkan memiliki integritas untuk meningkatkan mutu pelajaran disekolah, sehingga siswa termotivasi untuk berlomba-lomba menjadi siswa berprestasi.

"Lingkungan SMP dengan SD terlihat sangat berbeda, karena di SMP saya merasa memiliki pergaulan yang lebih luas, menambah banyak teman yang menjadikan tantangan bagi diri saya sendiri supaya menjadi siswa berprestasi," Ucap Naswa, salah satu siswa baru.

Harapan untuk kedepannya, para siswa baru sudah siap menyambut proses pembelajaran, dan merasa nyaman dengan lingkungan SMPN 13 Semarang.

Menu Portal

Berita Populer