KEGIATAN ONE FINE DAY PUSKESMAS BUGANGAN


15 Juli 2019  •  00:00  •  Dilihat 58x  •  puskesmas bugangan  •  Tidak Berkategori
KEGIATAN ONE FINE DAY PUSKESMAS BUGANGAN

Puskesmas Bugangan bersama petugas gizi dan promkes melaksanakan kegiatan Pengenalan Program Inovasi "One Fine Day" di SMP Negeri 6 Semarang pada 15-17 Juli 2019. Kegiatan ini dilaksanakan selama Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang ditujukan bagi para peserta didik baru.

One Fine Day merupakan akronim dari 'One Fe Every Monday' yang berarti adalah kegiatan meminum satu tablet obat Fe setiap hari Senin. Obat tersebut khususnya perlu dikonsumi oleh remaja putri. Hal ini menjadi penting karena remaja putri yang sedang dalam masa pertumbuhan, setiap bulannya akan mengalami menstruasi. Ketika menstruasi tersebut, remaja putri akan kehilangan zat besi melalui darah yang keluar. Maka dari itu, remaja putri membutuhkan asupan zat besi yang lebih banyak dari pada remaja laki-laki. Selain itu, remaja putri merupakan calon ibu yang mana ketika hamil maka kebutuhan zat besinya meningkat sehingga harus mengkonsumsi tablet Fe tentunya dengan anjuran dokter

Zat besi (Fe) berperan sebagai sebuah komponen yang membentuk mioglobin, yakni protein yang mendistribusikan oksigen menuju otot, membentuk enzim, dan kolagen. Selain itu, zat besi juga berperan bagi ketahanan tubuh. Tablet Fe tersebut sangat bermanfaat untuk membantu menambah jumlah zat besi dan menjaga daya tahan tubuh.  Tak heran jika banyak remaja perempuan yang mengalami anemia karena tidak diimbangi dengan asupan makanan bergizi yang mengandung zat besi dan juga mengkonsumsi tablet Fe.

Bahaya anemia pada anak remaja diantaranya dapat membuat anak menjadi mudah terserang penyakit,kurang cerdas, dan menurunkan semangat belajar. Tanda tanda anemia dikenal juga sebagai 5L yaitu :

  1. Letih
  2. Lemah
  3. Lesu
  4. Lelah
  5. Lunglai

Selain didukung oleh tablet Fe, zat besi juga bisa didapatkan dengan mengkonsumsi makanan sumber zat besi seperti daging, ikan, ayam, telur, susu, gandum, buncis, bayam dan lain sebagainya. Sumber makanan yang mengandung zat besi sebaiknya dimakan bersama dengan maknan sumber vitamin C seperti jeruk, stroberi, tomat dan sayuran berdaun hijau. Namun, konsumsi suplemen maupun maknan mengandung zat besi tidak boleh dibarengi dengan konsumsi suplemen kalsium maupun minuman berkafein seperti kopi, teh dan minuman soda.

Menu Portal

Berita Populer