KENDALI SAKTI (Kelas Ibu dan Balita Sehat Kuat dan Aktif)


18 Juli 2019  •  10:00  •  Dilihat 26x  •  UPTD PUSKESMAS TAMBAKAJI  •  Tidak Berkategori
KENDALI SAKTI (Kelas Ibu dan Balita Sehat Kuat dan Aktif)

Puskesmas Tambakaji kembali melaksanakan kegiatan KENDALI SAKTI (Kelas Ibu dan Balita Sehat Kuat dan Aktif) bersama ibu balita di Posyandu Tunas Harapan RW 1 Wonosari Kelurahan Tambakaji, Kamis (18/7). Para Ibu dan balita terlihat begitu antusias mengikuti kegiatan tersebut. 

Ibu balita belajar tentang ASI eksklusif dan pemberian Makanan Pendamping ASI (MPASI) dengan bidan Puskesmas Tambakaji. ASI eksklusif penting diberikan pada bayi dari umur 0 hingga 6 bulan tanpa pemberian makanan tambahan yang lain. Sedangkan MPASI diberikan kepada balita umur >6 bulan. Pemberian MPASI ini harus sesuai ddengan jadwal yang telah ditentukan dan dilakukans ecara bertahap. Pemberian MPASI yang terlalu cepat sebelum waktu sebenarnya akan berdampak pada masalah kesehatan bayi.

Selain harus berumur lebih dari 6 bulan, tanda bayi siap untuk mulai mengenal MPASI diantaranya adalah bayi telah mampu berdiri dengan bantuan, mampu menegakkan kepala dan leher dan menunjukkan kemampuan motorik yang baik. Kemampuan motorik tersebut diantaranya adalah mampu menggenggam dan memasukkan makanan atau mainan ke arah mulu, menarik badan ke depan dan membuka mulut jika tertarik pada makanan, maupun sebaliknya mutup mulut dan menarik diri ke belakang jika tidak tertarik pada makanan tersebut.

MPASI bermanfaat untuk menghindari adanya gangguan pertumbuhan dan perkembangan serta melatih kemampuan otot di mulut dan kemampuan motorik bayi. Beberapa makanan harus dihindari sebagai MPASI seperti makanan yang keras dan bulat karena dapat menyebabkan bayi tersedak. Namun yang terpenting, harus diingat bahwa bayi masih memerlukan asupan ASi karena sejatinya MPASI berperan sebagai makanan pendamping.


Yuk jadi Ibu yang smart agar balita sehat dan jadi generasi penerus bangsa yang hebat.

 

posyandu tunas harapan

Menu Portal

Berita Populer