Rapat Koordinasi Penanggulangan dan Pencegahan Penyakit Leptospirosis


03 Agustus 2019  •  00:00  •  Dilihat 53x  •  puskesmas lebdosari  •  Berita
Rapat Koordinasi Penanggulangan dan Pencegahan Penyakit Leptospirosis

Semarang - Leptospirosis merupakan salah satu penyakit yang menyerang manusia dan perlu diwaspadai. Penyebab penyakit leptospirosis adalah bakteri Leptospira interrogans yang terkandung dalam urine atau darah hewan yang terinfeksi bakteri tersebut. Adapun hewan yang dapat menjadi sumber penularan adalah tikus, anjing, kucing, babi, kambing, sapi dan hewan lainnya.  Di Indonesia sendiri, sumber penularan utama adalah (Tikus) baik Tikus Got, Tikus Rumah dan Tikus Sawah. Penularan penyakit leptospirosis dari hewan ke manusia cukup mudah yaitu melalui air kencing tikus atau air dan lumpur yang telah terkontaminasi bakteri. Kemudian bakteri ini akan menembus kulit yang lecet, terluka atau bisa melalui mukosa.
Untuk mencegah dan menanggulangi munculnya penyakit leptospirosis, Puskesmas Lebdosari melaksanakan kegiatan rapat koordinasi dengan warga RW XIII Kelurahan Gisikdrono pada hari Kamis (2/8/2019) yang bertempat di Balai RW XIII. Kegiatan ini dihadiri oleh 37 peserta yang terdiri dari warga, kader kesehatan serta pemangku wilayah setempat. Adapun susunan acara inti dalam kegiatan tersebut meliputi:

  • Penyuluhan terkait penyakit leptospirosis serta cara penanggulangan dan pencegahan oleh dokter Puskesmas Lebdosari
  • Penyampaian Bulan Leptospirosis di Kota Semarang oleh Perwakilan dari Dinas Kesehatan Kota Semarang
  • Sesi tanya jawab dengan warga
  • Musyawarah terkait rencana tindak lanjut (RTL) dengan warga RW 13

Menjaga kebersihan diri dan lingkungan pemukiman merupakan upaya yang dapat dilakukan untuk pencegahan penularan penyakit Leptospirosis. Cara lain yang dapat dilakukan adalah pengendalian tikus. Pengendalian tikus yaitu mengurangi/ mencegah/ menghambat pertumbuhan populasi tikus dengan cara menghilangkan / mengurangi sumber-sumber yang merupakan tempat berkembangbiak dan tempat berlindung.

 

Puskesmas Lebdosari-rtf

Menu Portal

Berita Populer