Penderita TB Bisa Kembali sehat, Tetaplah Semangat!


04 Agustus 2019  •  19:30  •  Dilihat 294x  •  UPTD PUSKESMAS TAMBAKAJI  •  Berita
Penderita TB Bisa Kembali sehat, Tetaplah Semangat!

Penyakit Tuberculosis tidak bisa sembuh? SALAH BESAR!!! Dengan pengobatan yang disiplin, penderita TB dapat sehat dan kembali melakukan aktivitas seperti biasa. Pengobatan penderita TB berkisar enam bulan. Apabila TB MDR (Tuberculosis Multi Drug Resistant) atau TB Resisten obat, butuh waktu hingga dua tahun. Karena waktu pengobatan yang lama, pasien seringkali berhenti berobat karena putus harapan. Oleh karena itu, peran kita semua sangat penting dalam hal ini. Mencegah stigma, memberikan motivasi agar penderita disiplin dalam pengobatan serta melakukan upaya pencegahan penularan TB di lingkungan sekitar.

Pada Hari Minggu, 04 Agustus 2019, Staff Puskesmas Tambakaji bersama Mas Irwan selaku mantan penderita TB MDR, berkunjung ke salah satu penderita TB MDR di wilayah kerja Puskesmas Tambakaji. Beliau memberikan motivasi serta dukungan kepada penderita agar tetap semangat untuk kembali sehat. Mas Irwan adalah salah satu bukti bahwa penderita TB MDR bisa sembuh.

Kita punya peran penting dalam menjaga semangat penderita TB MDR untuk sembuh. Apabila ada anggota atau tetangga yang menderita TB, kita hendaknya tidak mengucilkan. Berikan motivasi agar penderita memakai masker saat berinteraksi dengan orang lain, patuh minum obat, disiplin dalam pengobatan serta agar tetap semangat menjalani hidup. Jika tidak bisa melakukan hal-hal tersebut, setidaknya kita bisa mendoakan penderita TB di lingkungan kita atau bahkan di negara kita ini agar mereka diberikan kesembuhan.

Untuk para penderita TB … TB bisa disembuhkan, maka tetaplah semangat untuk kembali sehat! Mari TOSS TB. Temukan Obati Sampai Sembuh!!!

Menu Portal

Berita Populer