Pemkot Semarang : Kota Semarang Mengikuti Lomba Posyandu Tingkat Tingkat Prov.Jawa Tengah


10 September 2019  •  00:00  •  Dilihat 76x  •  Diskominfo  •  Berita
Pemkot Semarang : Kota Semarang Mengikuti Lomba Posyandu Tingkat Tingkat Prov.Jawa Tengah

Penilaian Lomba Posyandu Tingkat Tingkat Provinsi Jawa Tengah dilaksanakan pada hari Senin (9/9) di Posyandu Mawar Putih Kelurahan Gajahmungkur.

Ketua Tim Penilai Agus Suranto Selaku Sekretaris Dispermadesdukcapil mengatakan lomba ini bertujuan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kunjungan Balita di Posyandu, meningkatkan pengetahuan, sikap dan ketrampilan Kader Posyandu, juga meningkatkan pengetahuan dan peran serta masyarakat akan pentingnya Posyandu dalam peningkatan gizi dan kesehatan.

Tim penilai Lomba Posyandu tingkat Provinsi terdiri dari Ketua Agus Suranto dan beserta rombongan yaitu Ray Frony Roi, Umi Hidayati, Mery Zuliana, Sapto Yunarto, Agus Suprapto, Wahyudi.

Hadir juga pada acara tersebut Sekretaris Daerah Kota Semarang Iswar Aminudin dalam hal ini mewakili Wali Kota Semarang, Ketua Tim

Penilai Posyandu Provinsi Jawa Tengah, dan Wakil Ketua I Tim Penggerak PKK Kota Semarang. Selain Kota Semarang, lomba tersebut juga diikuti oleh Kota Pekalongan dan Solo.

Posyandu Mawar Putih Kelurahan Gajah Mungkur dalam Lomba Posyandu tingkat Provinsi Jawa Tengah tersebut menjadi wakil Kota Semarang

Iswar Aminudin mengatakan Kota Semarang saat ini telah mengalami perubahan yang sangat signifikan dari mulai penampilan wajah kota hingga pembangunan manusianya. Adanya konsep bergerak bersama yang diimplementasikan melalui kampung tematik disetiap kelurahan akan mendorong masyarakat untuk berkontribusi dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Kota Semarang telah mengalami perubahan secara signifikan secara penampilan dan juga pembangun manusianya.

Adanya konsep bergerak bersama dengan adanya kampung tematik ini mendorong masyarakat untuk kontribusi untuk ikut meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kelurahan Gajahmungkur RW 09 terbagi atas 9 RT dengan total 1067 jiwa penduduk dari 599 KK. Jumlah total tersebut terdiri atas 288 pasangan usia subur, 175 wanita usia subur, 17 bayi dan 118 balita.

Warga RW 09 melakukan sedekah sampah kemudian dijual dan hasil dari sedekah sampah ini akan digunakan untuk kegiatan sosial di wilayah RW 09.

Setiap kelurahan dalam kegiatan PKK, Posyandu, dan lainnya terus melakukan pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan-pelatihan yang dapat dijadikan alternatif pilihan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

PLN memberikan bantuan PMT (Pemberian Makanan Tambahan) kepada seluruh Posyandu di seluruh Kelurahan Gajahmungkur sejumlah 250.000 per bulan.

Selain PLN, Pemerintah Kota Semarang juga memberikan bantuan dengan nominal yang sama yaitu 200.000 per bulan.

Banyak kegiatan yang sudah dilakukan posyandu mawar putih ini. Kegiatan penyuluhan diberikan kepada warga untuk meningkatkan ekonomi keluarga melalui jual beli dengan berbagai inovasi.   Kolaborasi pun dilakukan bersama Kampung KB dan kampung rematik lain dalam menjual jajan pasar. Kegiatan lainnya yang dilakukan berupa pelatihan karawitan, pelatihan membuat tas dengan bahan karung, pembuatan tas rajut, latihan pijat bayi yang bekerjasama dengan RS Williamboth, pelatihan membuat bros jilbab, membuat celengan dari kardus, pasar awul-awul, taman toga, dan lain sebagainya.

Pemerintah Kota Semarang terus mendorong berbagai program yang berkaitan dengan kesehatan masyarakat dan penataan lingkungan guna peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Semua OPD yang berkaitan dengan infrastruktur Kota Semarang seperti Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perumahan dan Permukiman, Dinas Penataan Ruang dan Dinas Pekerjaan Umum berusaha menyatukan gerak dan pikiran untuk mulai menata seluruh kampung-kampung sehingga pembangunan dapat dirasakan secara langsung. Hal tersebut menjadi perhatikan karena perbaikan sarana dan prasarana dapat meningkatkan  kesejahteraan, kesehatan, hingga membentuk kebahagiaan masyarakat.

 

Menu Portal

Berita Populer