Pemkot Semarang : Sosialisasi Computer Security Incident Response Team (CSIRT) dan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE)


10 September 2019  •  00:00  •  Dilihat 198x  •  Diskominfo  •  Berita
Pemkot Semarang : Sosialisasi Computer Security Incident Response Team (CSIRT) dan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE)

Dalam memberikan pemahaman kepada OPD Kota Semarang tentang pentingnya penanganan dan pengamanan informasi dalam pengelolaan pemerintahan, Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (KOMINFO) Kota Semarang mengadakan Sosialisasi Computer Security Incident Response Team (CSIRT) dan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) bertempat di Hotel Gracia, Selasa (10/9).

Hadir juga pada acara tersebut Kepala Dinas KOMINFO Kota Semarang Bambang Pramusinto dalam hal ini mewakili Wali Kota Semarang, Kabid Layanan e-government, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Republik Indonesia, dan Sandiman Muda Pada Direktorat Penanggulangan dan Pemulihan Pemerintah.  

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari yakni dari tanggal 10 – 11 September. Di hari pertama pemaparan mengenai Computer Seacurity Incdent Response team (CSIRT).

Adapun isi materi antara lain pengenalan, pembentukan, pendaftaran, penyeenggaraan, hingga Index Maturity.

Kegiatan ini diharapkan  dapat memberikan pemahaman bagi OPD Kota Semarang tentang pentingnya penanganan dan pegamanan informasi.

Selain itu juga dapat mewujudkan kesadaran akan pentingnya menanganan dan pengamanan informasi untuk OPD Kota Semarang agar dapat menjaga kerahasisaan, keutuhan dan kestersediaan informasi.

Bambang Pramusinto dalam sambutannya mengatakan kemajuan teknologi dan informasi tumbuh seiring dengan potensi pemanfaatan komputer melalui pengaksesan dan pemberdayaan informasi secara tepat dan akurat.

 Standar Operasional Prosedure (SOP) ketika memiliki aplikasi dalam rangka Smart City, terdapat hal yang cukup penting untuk dilakukan, yaitu keamanan data dan informasi.

 Tidak hanya membuat aplikasi atau website, namun kita juga harus dapat merawatnya. Karena potensi kerawanan dari aplikasi dan juga sistem informasi yang kita buat cukup besar. Sehingga kegiatan sosialisasi seperti ini sangat penting.

Menu Portal

Berita Populer