FESTIVAL KI HAJAR DI BPTIK


11 September 2019  •  00:00  •  Dilihat 194x  •  SMP N 13  •  Berita
FESTIVAL KI HAJAR DI BPTIK

SMP N 13 Semarang mengirimkan 15 siswa untuk ikut serta dalam acara "Festival Kihajar (Kita Harus Belajar)” yang diselenggarakan di BPTIK DIKBUD pada hari Rabu (11/9). Perwakilan siswa yang ikut pergi berkunjung adalah siswa OSIS dengan didampingi oleh Waka Kesiswaaan SMP N 13 Semarang. Di sana para siwa dapat melihat pameran-pameran dari berbagai sekolah dari seluruh Provinsi Jawa Tengah.

Acara ini diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan lalu dipercayakan pada PUSTEKKOM dan bekerja sama dengan BPTIK DIKBUD. Dalam penyelenggaraan Festival Ki Hajar ini, BPTIK DIKBUD menyelenggarakan pameran-pameran berupa karya dari perwakilan sekolah di Provinsi Jawa Tengah. Contohnya adalah dari SMK 8 yang memamerkan hasil karya di sekolahnya berupa alat yang bisa mengontrol listrik dari jarak jauh, alat penyiram yang dikontrol dari aplikasi, dan lain-lain. Selain itu ada juga Lomba Kuis Ki Hajar, seminar dan stand kuliner. Pada kegiatan tersebut, dilakukan pengenalan TIK  dilakukan juga oleh perwakilan SMA/SMK yang ada di Jawa Tengah serta instusi pemerintah yang menaungi di bidang TIK.

Acara ini dimulai sejak hari Selasa, 10 September hingga hari Rabu 11 September 2019. Rangkaian acara dimulai pada hari Selasa dan dibuka oleh Gubernur Jawa Tengah yang melaunching fasilitas smart-edu di BPTIK DIKBUD. Setelah itu, kegiatan dilanjut dengan sambutan dari Bapak Gubernur yang diikuti acara Talk Show bersama dengan seluruh insan pendidikan. Di samping itu, BPTIK DIKBUD juga mengadakan seminar dan pameran yang didalamnya terdapat acara seperti hiburan, kuis, pembagian souvenir dan lain-lain.

Pada hari kedua, diadakan lomba codding yang penyelenggaranya adalah PUSTEKKOM dan dibantu oleh panitia BPTIK DIKBUD Provinsi Jawa Tengah. Siswa-siswi yang ikut dalam Festival Ki Hajar diajak untuk berkeliling di Wisata Edukasi. Di sana anak-anak dapat melihat video tentang tata surya dan bermain dengan alat-alat canggih yang bermanfaat untuk pembelajaran.

“Acara ini diadakan dengan tujuan ingin mengajak seluruh insan pendidikan, khususnya di Jawa Tengah sehingga bisa maksimal dalam memanfaatkan pembelajaran berbasis TIK”, ujar salah satu panitia penyelenggara Festival Ki Hajar.  

Menu Portal

Berita Populer