Satukan Tekat Menuju Indonesia Sehat, Selamat Hari Kesehatan Nasional Tahun 2020


13 November 2020  •  14:03  •  Dilihat 85x  •  DINAS KESEHATAN  •  Berita
Satukan Tekat Menuju Indonesia Sehat, Selamat Hari Kesehatan Nasional Tahun 2020

 

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat dan karunia-Nya sehingga pada tahun 2020 ini kita masih dapat memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-56, yang diperingati setiap tanggal 12 November meskipun tahun ini dalam kondisi pandemi.

Tema HKN tahun 2020 yang diiangkat oleh Kemenkes tentang “ Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat ” dengan Sub Tema “Jaga Diri, Keluarga dan Masyarakat, Selamatkan Bangsa dari Pandemi COVID-19” merupakan upaya bagaimana membangunn masyarakat yang produktif dan aman COVID-19 di era adaptasi kebiasaan baru.

Pandemi COVID-19 telah merebak di 215 negara dengan jumlah kasus konfirmasi mencapai lebih dari 35 juta kasus dan jumlah kasus meninggal lebih dari 1 juta kasus. Dilihat dari situasi penyebarannya di Indonesia, saat ini COVID-19 sudah menjangkiti seluruh wilayah provinsi yang tersebar di 498 kabupaten/kota. Hal ini dapat dilihat dari data kasus harian yang setiap hari di-release oleh Kemenkes.

Di Kota Semarang sendiri perkembangan kasus covid-19 masih terus diupayakan untuk dapat ditekan angka kasus baru dan kematiannya. Berbagai upaya telah dilakukan oleh jajaran pemerintah kota melalui operasi yustisi, edukasi dan sosialisasi tanpa henti serta memperbanyak skrining secara masal.

Selain itu, upaya yang harus dilakukan secara mandiri adalah berusaha untuk melindungi diri, keluarga, dan orang lain di sekitar kita dengan, menerapkan protokol kesehatan. Transmisi atau penularan di masa adaptasi kebiasaan baru akan terus terjadi selama masyarakat tidak mau menerapkan perilaku pencegahan COVID-19. Oleh karena itu, mari bersama-sama kita lakukan upaya pencegahan dengan pola hidup sehat karena ini menjadi sangat penting terutama pada saat pandemic seperti saat ini. Masyarakat harus membiasakan dengan selalu memakai masker utamanya bila keluar rumah, selalu menjaga jarak dan hindari kerumunan, serta mencuci tangan sesering mungkin. Tiga hal ini, menjadi hal yang fundamental untuk dilakukan dalam perilaku kita sehari-hari, agar terhindar dari paparan COVID-19.

Disamping itu, kita harus tetap menjaga imunitas tubuh, agar tetap baik dengan berolahraga secara rutin, mengonsumsi gizi seimbang, istirahat yang cukup, tidak merokok, dan mengendalikan penyakit penyerta.

Mari jangan kendor jaga kesehatan diri, keluarga, dan lingkungan sekitar dengan disiplin 3W. Wajib memakai masker, wajib mencuci tangan dengan sabun/handsanitizer dan wajib menjaga jarak. Melalui moment Hari Kesehatan Nasional ke-56 tahun 2020 ini, mari satukan tekat menuju Indonesia sehat. Selamat Hari Kesehatan Nasional Tahun 2020

 

 

 

 

 

 

 

Menu Portal

Berita Populer