Uji Coba PTM mulai Hari ini, SMP N 5 Semarang Laksanakan dengan Ketat


05 April 2021  •  22:10  •  Dilihat 61x  •  Admin  •  Berita
Uji Coba PTM mulai Hari ini, SMP  N 5 Semarang Laksanakan dengan Ketat

 Uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) tingkat SD dan SMP di Kota Semarang resmi dilaksanakan pada Senin (5/4/2021). 

Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang Gunawan Saptogiri menjelaskan, sebelumnya Kota Semarang memilih satu sekolah yang menjadi pilot project uji coba PTM, namun dalam perkembangan waktu Walikota Semarang menghendaki agar tidak hanya satu sekolah. 

Jika sebelumnya hanya SMP N 5 , kini pihaknya menambah sekolah yang mengikuti Ujicoba PTM, yakni  di SMP 2,  SD Pekunden dan SD Lamper Kidul 02. 

 "Jika tidak ada masalah, bisa saja nanti tiap kecamatan ada sekolah yang PTM. Termasuk juga kemungkinan PTM untuk sekolah swasta," ungkap Gunawan usai meninjau langsung pelaksanaan PTM di SMP N 5 

Gunawan mengakui, hingga saat ini masih ada 15 hingga 20 persen orang tua yang belum setuju anaknya mengikuti PTM, namun siswa siswi tersebut tetap dapat mengikuti pelajaran secara daring. 

"Sampai sekarang masih ada ya sekitar 15 hingga 20 persen orang tua yang belum setuju. Itu nggak masalah. Mereka tetap dapat pelajaran secara daring. Bisa dikasi web camera. Teknologi kan sekarang sudah canggih," imbuhnya 

Gunawan lebih lanjut berharap dalam masa uji coba ini tidak timbul masalah, sehingga perlu adanya kerjasama yang baik dari semua pihak, mulai dari siswa, orang tua, guru, maupun masyarakat. 

Kepala SMP N 5 Semarang Teguh Waluyo mengatakan, dalam uji coba ini hanya siswa kelas 7 yang mengikuti PTM . Namun dibatasi dengan cara bergilir dengan kapasitas siswa 50% setiap hari dan berlangsung hingga 16 April nanti. 

“Jadi kalau tadinya normalnya satu kelas ada 32 siswa, nanti masuk hanya 16 siswa saja. Kemudian kami menggilir dengan cara minggu ini yang akan hadir dari absen 1-16, pekan berikutnya absen 17-32. Sudah ada nomor meja sekaligus menjadi nomor absen siswa,” katanya 

Sementara itu dari pantauan dilapangan, nampak setiap ruang kelas telah di pasang sekat trasnparan yang dipasang di meja siswa masing masing. Bahkan wastafel juga telah di siapkan di dalam ruang kelas dan tempat umum.

Menu Portal

Berita Populer