ROBERTO CARLOS, Bergerak Bersama Cegah Risiko Stunting Sejak Hamil


14 Juli 2022  •  10:05  •  Dilihat 242x  •  DINAS KESEHATAN  •  Berita
ROBERTO CARLOS, Bergerak Bersama Cegah Risiko Stunting Sejak Hamil

SEMARANG - Tingginya Kasus Ibu Hamil KEK (Kekurangan Energi Kronis) di Kota Semarang Tahun 2021 sebesar 10,43 %, dan kasus ibu hamil Anemia sebesar 15,4%, serta kasus Balita Stunting sebesar 1,53%.Ibu hamil KEK dan Anemia 4-5 kali lebih berisiko menyebabkan stunting. Oleh karena itu Dinas Kesehatan Kota Semarang meluncurkan Program Inovasi "Roberto Carlos" Bergerak Bersama Cegah Risiko Stunting Sejak Hamil.

Inovasi ini bertujuan untuk menurunkan angka ibu hamil KEK dan Anemia dan mencegah terjadinya Stunting.Kegiatan dari Inovasi ini meliputi Kelas Ibu Hamil KEK dan Anemia. Di dalam kegiatan ini dilakukan edukasi dan konseling kesehatan Ibu hamil, pemeriksaan ibu hamil, edukasi dan konseling gizi ibu hamil, senam hamil, serta cooking class atau demo masak pembuatan PMT Ibu Hamil.

Pemberian PMT dan paket sembako untuk ibu hamil KEK dan Anemia setiap hari jum'at secara bergiliran setiap Puskesmas yang ada di Kota Semarang. Inovasi ini merupakan kegiatan kolaborasi antara Bidan, Dokter, dan nutrisionis Puskesmas serta Dinas Kesehatan Kota Semarang.

Menu Portal

Berita Populer