" Selamat Datang di website Resmi Pemerintah Kota Semarang " Visi Pemerintah Kota Semarang tahun 2010 s/d 2015 :“TERWUJUDNYA SEMARANG KOTA PERDAGANGAN DAN JASA, YANG BERBUDAYA MENUJU MASYARAKAT SEJAHTERA”                                                        Selamat Hari Natal 2013 dan Tahun Baru 2014                                                        Gunakan Hak Pilih Anda, Ayo datang ke TPS coblos pilihan anda pada tanggal 9 April 2014                                                        Sampaikan keluhan anda terkait pelaksanaan Pemilihan ke Posko Fasilitasi Pelaksanaan Pemilu Kota Semarang, Jl. Pemuda 148 Smg Telp. 024 3521707, 024 3513366 ps.1529                                                       
Menu Utama
Informasi
Link SKPD Pemerintah
  • Kirab Budaya Dugder 2012 Siap Digelar

    11 Juli 2012 admin Berita

    Tradisi tahunan Kota Semarang menyambut datangnya bulan puasa, "Dugderan" akan kembali digelar. Dugderan kali ini, akan memunculkan potensi seni dan budaya lokal serta destinasi wisata 16 kecamatan di Kota Semarang.

    Mengambi tema Kirab Budaya Dugder Tahun 2012, kegiatan akan dilaksanakan pada Kamis (19/7). Selain nguri-uri budaya khas Semarangan, kegiatan ini diharapkan pula dapat melestarikan serta menumbuhkan potensi seni dan budaya lokal.

    Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, potensi wisata yang akan ditampilkan pun akan lebih beragam karena memberikan kesempatan kepada 16 kecamatan untuk mengeksplorasi potensi seni dan budaya lokal setempat.

    Selain itu, perbedaan mencolok juga akan terlihat pada penggunaan bahasa Jawalengkap selama prosesi Kirab Budaya Dugder 2012 ini. “Selama prosesi Dugder, seluruh pihak yang terlibat dalam prosesi mulai dari protokol, komandan hingga Plt. Walikota akan menggunakan bahasa Jawa,” terang Ka. Disbudpar Kota Semarang, Nurjanah. Peserta kirab pun, akan mengenakan pakaian khas Semarangan, lanjutnya.

    Rombongan kirab akan diikuti oleh perwakilan dari tingkat kecamatan, organisasi kepemudaan, organisasi keagamaan, organisasi masyarakat, siswa SMA/ SMK, pelaku wisata dan sanggar seni. Peserta kirab akan menampilkan kesenian lokal, drumband atau rebana, lengkap dengan atribut khas Semarangan yakni kembang manggar, dan warak ngendok.

    Pada Karnaval dan Kirab Budaya Dugder 2012 ini terdiri dari 3 pasukan yakni pasukan jalan kaki, pasukan naik kereta kencana dan bendi hias, dan pasukan mobil hias bertema warak dan destinasi wisata juga akan menyemarakkan acara khas Semarangan ini. Rombongan karnaval akan melalui rute Jl. Pemuda-Jl. Gajahmada-Jl. A. Yani, sedangkan rombongan kirab Dugder yang terdiri dari bendi hias akan menuju Masjid Kauman dan Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT).

    Kirab akan dimulai pukul 12.15 WIB dari Halaman Balaikota Semarang menuju Masjid Kauman. Selanjutnya, di Masjid Kauman, akan dilaksanakan prosesi pembacaan skukuf halaqah, pemukulan bedug dan bom udara serta pembagian makanan khas Semarang Ganjel Rel dan air khataman Qur’an. Usai prosesi di masji Kauman, rombongan akan melanjutkan perjalanan menuju MAJT. Pemukulan bedug dan meriam juga akan dilakukan di MAJT.

    Masih dalam rangkaian Kirab Budaya Dugder 2012, pagi harinya, bertempat di Lapangan Simpang Lima juga akan diselenggarakan karnaval dan atraksi budaya pelajar tingkat TK, SD/MI dan SMP/ Mts. Peserta kirab budaya akan melalui rute Lapangan Simpang Lima- Jl. Pahlawan- belok di bundaran Jl. Pahlawan dan finish di depan SMAN 1 Semarang.

    Guna kelancaran dan keamanan selama prosesi Kirab Budaya Dugder 2012 ini, Dinas Budaya dan Pariwisata Kota Semarang telah berkoordinasi dengan aparat kepolisian, kodim, Satpol PP, Kesbangpolinmas, Dishubkominfo guna mengatur penutupan jalan maupun pengaturan parkir.

    “Guna kelancaran dan keamanan prosesi, akan dikerahkan 177 personil kepolisian, 23 personil Kodim, 100 personil Satpol PP, 30 personil Kesbangpolinmas, 35 personil Dishubkominfo,” rinci Nurjanah.

    Lebih lanjut, pihaknya pun menghimbau kepada sejumlah instansi dan perkantoran yang terletak di sepanjang jalan rute Kirab Budata Dugder 2012 untuk tidak memarkirkan kendaraan di badan jalan.

    Selama prosesi, akan dilakukan penutupan jalan-jalan yang dilalui peserta karnaval dan kirab Dugder 2012. Kamis(19/7) pagi mulai pukul 05.30-10.00 WIB kawasan Simpang Lima, Jl. Pahlawan akan ditutup untuk kelancaran peserta karnaval. Sedangkan pada pukul 11.00-16.00, giliran Jl. Pemuda-Jl. Gajahmada dan Jl. A. Yani akan ditutup guna karnaval Dugder.