" Selamat Datang di website Resmi Pemerintah Kota Semarang " Visi Pemerintah Kota Semarang tahun 2010 s/d 2015 :“TERWUJUDNYA SEMARANG KOTA PERDAGANGAN DAN JASA, YANG BERBUDAYA MENUJU MASYARAKAT SEJAHTERA”                                                        Selamat Hari Natal 2013 dan Tahun Baru 2014                                                        Gunakan Hak Pilih Anda, Ayo datang ke TPS coblos pilihan anda pada tanggal 9 April 2014                                                        Sampaikan keluhan anda terkait pelaksanaan Pemilihan ke Posko Fasilitasi Pelaksanaan Pemilu Kota Semarang, Jl. Pemuda 148 Smg Telp. 024 3521707, 024 3513366 ps.1529                                                       
Menu Utama
Informasi
Link SKPD Pemerintah
  • Kirab Potensi Pangan, Menyuguhkan Produk-Produk Unggulan Pertanian dan Perikanan Kota Semarang

    08 April 2013 Ana Berita

    kirab_pangan2.jpg

    Minggu (7/4) bertempat di sekitar Jl Pemuda Plt. Walikota Hendrar Prihadi membuka Kirab Potensi Pangan Kota Semarang. Kegiatan tersebut merupakan salah satu rangkaian event dalam rangka memeriahkan HUT Kota Semarang ke-466 yang jatuh pada tanggal 2 Mei besuk. Hadir dalam kirab tersebut Kepala SKPD, Camat Lurah, dan Muspida Kota Semarang.

    Kegiatan yang baru pertama kali diadakan di Kota Semarang ini mengambil tema “Menggali Potensi Sumber Daya Pertanian untuk Mendukung Wisata Kota Semarang”. Diikuti oleh 19 peserta dari 11 kelompok Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) kecamatan, KTNA Kota Semarang, asosiasi jamur, asosiasi petai tanaman, asosiasi gapoktan, asosiasi tanaman buah, dan asosiasi multiflora. Para peserta kirab menampilkan keunggulan hasil produk-produk pertanian maupun perikanan dengan menggunakan armada mobil yang telah dihias semenarik mungkin. Kemudian di arak dengan menempuh rute Jl. Pemuda-Tugu Muda-Jl. Pandanaran-Simpanglima-dan finish di Jl. Pahlawan (depan Kantor Gubernur). Di akhir arakan, hasil-hasil bumi tersebut dibagikan gratis kepada masyarakat sekitar yang menonton kirab itu.

    Pembukaan kirab disuguhkan 3 penari berkostum “bakul jamu” membawa bakul berisi varian jamu gendong yang telah dikemas di dalam botol-botol kaca. Kemudian salah satu varian jamu gendong diberikan kepada Plt Walikota beserta istri dan Kapolrestabes Semarang, Elan Subilan untuk dicicipi rasanya. Sementara tamu undangan lain, bersama-sama memukul kentongan pertanda kemeriahan kirab potensi pangan segera dimulai.

    Dalam sambutan, Plt. Walikota menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk lebih memperkenalkan kepada masyarakat khususnya kota semarang, produk-produk lokal pertanian maupun perikanan unggulan Kota Semarang. “Salah satunya Durian Kholil dari Kecamatan Mijen dan Temulawak dari Kecamatan Banyumanik”, tutur Hendrar Prihadi.

    Bahkan Hendrar Prihadi berkomitmen pada produk-produk pertanian dan perikanan Semarang dalam hal pemberian masukan, saran, kritikan dan pengembangan-pengembangan varietas agar dapat diterima di masyarakat luar kota Semarang. “Komitmen kita bersama untuk menjadikan produk-produk lokal lebih berkualitas sehingga produk-produk kota Semarang bisa dikonsumsi masyarakat luar kota Semarang bahkan di jaringan internasional”, tandas Plt. Walikota.

    Terakhir, Plt. Walikota berharap kepada warga Kota Semarang untuk lebih mencintai produk-produk lokal khususnya dalam hal pangan. “Mulailah membiasakan diri di lingkungan sekitar entah itu di rumah, di kantor/ di jaringan komunitas yang lain menyuguhkan berbagai macam produk-produk lokal”, pinta Hendrar Prihadi di depan warga kota Semarang dan tamu undangan.