" Selamat Datang di website Resmi Pemerintah Kota Semarang " Visi Pemerintah Kota Semarang tahun 2010 s/d 2015 :“TERWUJUDNYA SEMARANG KOTA PERDAGANGAN DAN JASA, YANG BERBUDAYA MENUJU MASYARAKAT SEJAHTERA”                                                        Selamat Hari Natal 2013 dan Tahun Baru 2014                                                        Gunakan Hak Pilih Anda, Ayo datang ke TPS coblos pilihan anda pada tanggal 9 April 2014                                                        Sampaikan keluhan anda terkait pelaksanaan Pemilihan ke Posko Fasilitasi Pelaksanaan Pemilu Kota Semarang, Jl. Pemuda 148 Smg Telp. 024 3521707, 024 3513366 ps.1529                                                       
Menu Utama
Informasi
Link SKPD Pemerintah
  • Pagelaran Wayang 16 Kecamatan Menyabet Piagam Muri

    29 April 2013 Wulan Berita

    IMG_0764_RDR.jpgSatu lagi event yang menyemarakkan hari jadi ke 466 Kota Semarang, Pagelaran Wayang Kulit Serentak di 16 Kecamatan yang berpusat di Kecamatan Semarang Barat , Sabtu (27/4). Tak tanggung-tanggung, pertunjukan budaya yang mengusung tema ‘Mbangun Kota Melestarika Budaya’ ini tercatat pada rekor MURI karena di selenggarakan pada waktu yang sama, lakon yang sama pula namun di 16 tempat dan dalang yang berbeda.

    Piagam penghargaan Musium Rekor Dunia Indonesia tersebut diberikan kepada Pemerintah Kota Semarang dan Disbudpar Kota Semarangatas rekor pemrakarsa dan penyelenggara pagelaran wayang kulit dengan penonton yang mengenakkan syal terbanyak di 16 kecamatan pada 1 kota. Penghargaan juga diberikan kepada sponsor dari Bintang Toedjoe dan Real Good atas rekor penyelenggara pendukung pagelaran wayang akbar yang disiarkan di TV Cakra itu.

    Plt. Walikota Semarang, Hendrar Prihadi yang hadir didampingi sang istri memberikan apresiasi terhadap penyelenggaraan event budaya ini. Menurutnya sebuah warisan budaya bangsa perlu dilestarikan dan dipelihara khususnya budaya Jawa di Kota Semarang.

    “Pemkot perlu memberikan dorongan supaya budaya Jawa terus menggelora di Kota Semarang. Dan hal itu diperlukan dukungan dari seluruh elemen masyarakat,” tuturnya saat memberikan sambutan dalam pagelaran yang dihadiri pula oleh Muspida, Dewan kesenian, budayawan, wisatawan asing, dan masyarakat.

    Ia menyampaikan dalam rangka HUT ke 466 Kota Semarang, telah dikemas serangkaian kegiatan menarik yang membuat Kota Semarang terkenal karena semua orang memperbincangkan Kota Semarang.

    “Dari mulai Semarang Great Sale program diskon 1 bulan penuh, Pagelaran Wayang Kulit di 16 Kecamatan ini, Tugu Muda Bike Week, Jalan Sehat Minggu Ceria, Nonton Bareng Pertandingan Sepakbola, hingga Semarang Night Carnival. Ini semua diselenggarakan dari dan untuk masyarakat Kota Semarang karena hari jadi ini milik seluruh warga Kota Semarang,” paparnya.

    Sebagai tanda dimulainya pertunjukan wayang tersebut, diserahkan secara simbolis tokoh wayang Semar oleh Plt. Walikota Semarang kepada Dalang Ki Joko ‘Edan’ Hadi Wijoyo yang diiringi Gangsaran dan Ayak Ayak Patalon.

    Lakon yang diambil dalam wayangan kali ini adalah ‘Semar Mbangun Kayangan’ dengan tokoh wayang Semar. Semar merupakan tokoh pewayangan yang mempunyai teladan dan filosofi yang baik serta dianggap tokoh penyampai pesan.

    Ia juga menyampaikan bahwa pada akhir tahun rencananya akan diselenggarakan pula festival budaya yang akan dipentaskan secara serentak sebagai bentuk penghargaan pada warisan budaya. (wa5)