" Selamat Datang di website Resmi Pemerintah Kota Semarang " Visi Pemerintah Kota Semarang tahun 2010 s/d 2015 :“TERWUJUDNYA SEMARANG KOTA PERDAGANGAN DAN JASA, YANG BERBUDAYA MENUJU MASYARAKAT SEJAHTERA”                                                        Selamat Hari Natal 2013 dan Tahun Baru 2014                                                        Gunakan Hak Pilih Anda, Ayo datang ke TPS coblos pilihan anda pada tanggal 9 April 2014                                                        Sampaikan keluhan anda terkait pelaksanaan Pemilihan ke Posko Fasilitasi Pelaksanaan Pemilu Kota Semarang, Jl. Pemuda 148 Smg Telp. 024 3521707, 024 3513366 ps.1529                                                       
Menu Utama
Informasi
Link SKPD Pemerintah
  • PKK Kel. Gebangsari dan Posyandu Kencana Sari Masuk Tingkat Nasional

    24 April 2013 Wulan Berita

    IMG_8336_SM.jpgBerkah mengiringi Kota Semarang di awal tahun 2013 dimana dinobatkannya Kota Semarang sebagai wakil Provinsi Jawa Tengah dalam lomba tertib administrasi PKK dan posyandu tingkat nasional. Di ruang Lokakrida Plt. Walikota Semarang Hendrar Prihadi didampingi Ketua TP PKK Kota Semarang Tia Hendrar Prihadi bersama kepala SKPD Pemkot menerima Tim Penilai Lomba Tertib Administrasi PKK dan Posyandu Tingkat Nasional Tahun 2013, Selasa (23/4).

    Rombongan tim penilai yang diketuai oleh Susi Subekti yang merupakan wakil ketua IV Tim Penggerak PKK Pusat akan menilai Kelurahan Gebangsari Kecamatan Genuk dalam Lomba Tertib Administrasi PKK dan Posyandu Kencanasari, Kelurahan Gemah, Kecamatan Pedurungan dalam Lomba Posyandu Tingkat Nasional.

    Plt. Walikota berharap lomba ini bisa memotivasi segenap jajaran pengurus PKK untuk terus bekerja keras melaksanakan program-program kerja khususnya yang menyangkut kegiatan administrasi PKK dan Posyandu.

    “Kesempatan semacam ini dapat menjadi sarana yang sangat baik bagi Pemerintah Kota Semarang dan Tim Penggerak PKK Kota Semarang untuk memperoleh masukan-masukan positif agar ke depan, PKK Kota Semarang dapat semakin maju”, ujar Hendrar Prihadi.

    Usai penerimaan, rombongan dibagi 2 tim untuk melakukan penilaian di Kelurahan Gebangsari dan Kelurahan Gemah. Tim pertama dipimpin oleh Ny. Rahmat Amanullah yang didampingi oleh Lurah Gebangsari untuk meninjau pelaksanaan administrasi di Kelurahan setempat yang disusul peninjauan Rumah Pintar Cerdik Cendikia dan mengunjungi Tanaman Obat Keluarga (Toga).

    Plt ketua TP. PKK Kota Semarang memaparkan bahwa Tertib Administrasi di PKK Kota Semarang telah berjalan sejak dahulu walau masih sederhana. “Dan dari hasil Rakernas VII tahun 2010 TP. PKK Kota Semarang telah menerbitkan buku Administrasi PKK yang isinya sesuai dengan hasil Rakernas VII dengan dana swadaya. Buku Administrasi tersebut di berikan kepada 16 TP. PKK Kota Semarang dan telah diisi secara berjenjang,” tambahnya.

    Dari hasil penilaian sebelumnya, lanjut Tia, dipilihnya Kelurahan Gebangsari dalam lomba tertib administrasi di tingkat nasional karena di Kelurahan tersebut telah melakukan pengadministrasian secara tertib, misalnya pengiriman laporan yang tepat dengan menggunakan e-mail di 11 kelurahan mulai dari tingkat Dasa Wisma. “Kami mengedepankan pengadministrasian berbasis IT agar efektif dan efesien,” tambahnya.

    Untuk mendukung hal tersebut Kota Semarang juga telah melakukan pendataan dengan menggunakan SIM sesuai dengan Rakernas VII. Diawal tahun 2012 ini PKK telah bekerjasama dengan UDINUS dalam pembuatan aplikasi SIM PKK untuk Data Warga PKK dan Catatan Keluarga. Beberapa waktu lalu juga telah dilakukan pelatihan pengisian aplikasi ini dengan bekerjasama dengan Telkom sebagai penyedia jaringan internetnya.

    Sedangkan untuk pelaksanaan Posyandu, Tia menjelaskan bahwa di Kota Semarang dari tahun ke tahun mengalami peningkatan hingga ditahun 2012 jumlah Posyandu mencapai 1556 dengan strata Pratama 50, Madya 356, Purnama 559 dan Mandiri 591. Pihaknya akan berusaha untuk meningkatkan strata Pratama dan Madya untuk menjadi Purnama.

    Menurutnya terpilihnya posyandu Kencana Sari RW II sebagai pelaksana posyandu terbaik tahun 2012 dikarenakan peran serta dan swadaya masyarakat tinggi, kegiatan teradministrasikan dengan baik, hasil kegiatan terlaporkan dengan rutin, sarana prasarana memadahi, SDM Kader yang sangat potensial, dan inovasi beragam dan berjalan baik.

    Selama ini Kegiatan posyandu di kelurahan Gemah tetap aktif dilaksanakan diantaranya melakukan Pelaporan Pokjanal Posyandu secara rutin yang dilaporkan tiap bulan, mendata Tingkat Perkembangan Posyandu, setiap setahun sekali dilakukan pendataan strata posyandu, serta melaksanakan Pemilihan posyadu terbaik.

    Dengan masuknya tingkat nasional, Ketua TP PKK Kota Semarang berharap kelurahan Gebangsari dan Posyandu Kencanasari dapat menjuarai kedua kategori tersebut sehingga dapat mengangkat nama baik Kota Semarang.