" Selamat Datang di website Resmi Pemerintah Kota Semarang " Visi Pemerintah Kota Semarang tahun 2010 s/d 2015 :“TERWUJUDNYA SEMARANG KOTA PERDAGANGAN DAN JASA, YANG BERBUDAYA MENUJU MASYARAKAT SEJAHTERA”                                                        Selamat Hari Natal 2013 dan Tahun Baru 2014                                                        Gunakan Hak Pilih Anda, Ayo datang ke TPS coblos pilihan anda pada tanggal 9 April 2014                                                        Sampaikan keluhan anda terkait pelaksanaan Pemilihan ke Posko Fasilitasi Pelaksanaan Pemilu Kota Semarang, Jl. Pemuda 148 Smg Telp. 024 3521707, 024 3513366 ps.1529                                                       
Menu Utama
Informasi
Link SKPD Pemerintah
  • SOSIALISASI KERUKUNAN UMAT BERAGAMA

    06 Februari 2013 Ana Sambutan Walikota

    WALIKOTA SEMARANG

    SAMBUTAN PADA ACARA

    SOSIALISASI KERUKUNAN UMAT BERAGAMA

    RABU, 6 FEBRUARI 2013

    Assalamu’alaikum Wr.Wb.

    Salam sejahtera, salam sehat dan salam bahagia untuk kita semua.

    · Yang Saya hormati para pembicara, Kepala Badan Kesbangpol Kota Semarang, Drs. Kuncoro Himawan, M.Si, ketua MUI Kota Semarang, Bapak Drs. KH. Abdul Karim Assalawy, M.Ag dan Wakil Ketua FKUB Kota Semarang, Bapak Drs. Eddy Riyanto;

    · Yang Saya hormati Camat beserta jajaran Muspika Kecamatan Gayamsari;

    · Yang Saya hormati para tokoh agama, tokoh masyarakat, takmir Masjid, Musholla dan para pengurus gereja di Kelurahan Gayamsari;

    · Yang Saya cintai perwakilan KUA Kecamatan Gayamsari, perwakilan MUI Kecamatan Gayamsari;

    · Yang Saya hormati Ketua FKUB Kota Semarang;

    · Hadirin peserta sosialisasi yang Saya cintai dan Saya banggakan.

    Terlebih dahulu marilah bersama-sama kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat dan nikmat-Nya yang tercurah kepada kita. Alhamdulillah pada pagi hari ini, kita dapat berkumpul di sini guna mengikuti Sosialisasi Kerukunan Umat Beragama.

    Selanjutnya, atas nama Pemerintah dan masyarakat Saya sampaikan ucapan ”terima kasih” dan apresiasi kepada semua pihak, khususnya Badan Kesbangpol yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. Saya sungguh menyambut baik forum sosialisasi ini sebagai satu wujud nyata dalam upaya meningkatkan, mengembangkan dan memperkokoh persaudaraan antar umat beragama di Kota Semarang.

    Saudara-saudaraku yang Saya cintai,

    Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa Kota Semarang sebagai salah satu kota metropolitan di Indonesia memiliki keberagaman dinamika kehidupan yang meliputi keberagaman agama, suku bangsa, bahasa dan budaya. Kemajemukan tersebut pada prinsipnya merupakan suatu potensi kekayaan yang patut kita syukuri bersama. Namun demikian, potensi tersebut juga bisa berubah menjadi sebuah kerawanan dan menjadi faktor pemicu munculnya konflik sosial manakala tidak kita jaga dan kelola dengan baik. Di sinilah peran tokoh agama dan tokoh masyarakat sangat dibutuhkan karena di tengah-tengah kehidupan masyarakat, tokoh agama dan tokoh masyarakat sangat dihargai dan mampu mendorong anggota masyarakat untuk berbuat baik.

    Selaras hal tersebut, maka kebijakan Pemerintah dalam mengatur kehidupan beragama antara lain diarahkan pada terwujudnya tatanan kehidupan beragama yang harmonis dalam rangka terciptanya suasana kehidupan masyarakat yang rukun, damai dan saling menghormati. Alhamdulillah, sampai saat ini Kota Semarang menjadi kota yang paling kondusif dengan tingkat kerukunan umat beragama yang tinggi. Hal ini dapat dilihat salah satunya dengan dipilihnya Kota Semarang menjadi tempat berlangsungnya Dialog Lintas Agama Internasional ke-6 tanggal 11 sampai dengan 13 Maret 2012 lalu. Meski demikian, kewaspadaan terhadap potensi munculnya gesekan sosial maupun konflik keagamaan harus terus kita bangun.

    Dalam upaya tersebut, maka penyatuan persepsi atau pemahaman dari seluruh komponen masyarakat menjadi satu hal yang sangat penting. Untuk itulah, salah satu pendekatan melalui sosialisasi kerukunan antar umat beragama yang kita laksanakan bersama kali ini merupakan satu langkah yang sangat efektif. Dalam setiap kejadian, misalnya konflik sosial, agama seringkali dijadikan sebagai pemicunya. Hal ini jangan sampai terjadi di Kota Semarang. Karenanya, forum ini, diharapkan bisa menjadi sarana saling bertukar pikiran dan sarana memberikan masukan yang positif terhadap penyelenggaraan kehidupan beragama di Kota Semarang.

    Paguyuban PETAMAS (Pemerintah, Tokoh Agama, dan Tokoh Masyarakat) serta unsur-unsur organisasi keagamaan yang ada di Kota Semarang agar benar-benar dioptimalkan sebagai satu wadah guna membahas berbagai isu maupun dinamika kehidupan beragama di Kota Semarang. Manfaatkan pula kebersamaan yang terbina melalui forum ini guna memperkokoh persaudaraan umat beragama di Kota Semarang yang selama ini telah terbina dengan baik.

    Demikian beberapa hal yang dapat saya sampaikan. Akhirnya Saya ucapkan selamat mengikuti sosialisasi semoga memberikan manfaat bagi kita semua dan semoga Allah SWT meridhoi niat dan upaya baik kita bersama.

    Terima kasih.

    Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

    Plt. WALIKOTA SEMARANG

    WAKIL WALIKOTA,

    HENDRAR PRIHADI, SE, MM