" Selamat Datang di website Resmi Pemerintah Kota Semarang " Visi Pemerintah Kota Semarang tahun 2010 s/d 2015 :“TERWUJUDNYA SEMARANG KOTA PERDAGANGAN DAN JASA, YANG BERBUDAYA MENUJU MASYARAKAT SEJAHTERA”                                                        Selamat Hari Natal 2013 dan Tahun Baru 2014                                                        Gunakan Hak Pilih Anda, Ayo datang ke TPS coblos pilihan anda pada tanggal 9 April 2014                                                        Sampaikan keluhan anda terkait pelaksanaan Pemilihan ke Posko Fasilitasi Pelaksanaan Pemilu Kota Semarang, Jl. Pemuda 148 Smg Telp. 024 3521707, 024 3513366 ps.1529                                                       
Menu Utama
Informasi
Link SKPD Pemerintah
  • Walikota: Bersihkan Kota, Raih Adipura

    01 Januari 2012 admin Berita

    Dalam rangka mempersiapkan penilaian Adipura, Selasa (11/1), Wali Kota Semarang Soemarmo HS melaksanakan Rakor paparan persiapan penilaian Adipura tahap I bertempat di Balai Kota Semarang. Rakor tersebut dilaksanakan dengan beberapa dinas terkait seperti Dinas Kebersihan dan Pertamanan, Dinas Pasar, Dinas PSDA dan ESDM, Dishubkominfo, BLH, Dinas Pertanian, serta camat dan kepala sekolah sekota Semarang.

    Soemarmo memaparkan, yang perlu dilakukan dalam mempersiapkan penilaian Adipura adalah melaksanakan komitmen secara konsisten, melakukan sesuai aturan, menjadikan disiplin sebagai modal dasar, kerja keras, konsultasi dan koordinasi, serta melakukan dengan ikhlas. “Kalau tidak dilakukan, Kota Semarang akan jalan ditempat,” tandasnya.

    Terkait masalah yang terdapat di Kota Semarang, pihaknya menghimbau seluruh kalangan untuk mengupdate informasi melalui berbagai media baik cetak, elektronik. “Hal tersebut dilakukan agar kita dapat menindaklanjuti masalah-masalah tersebut yang tentunya berpengaruh pada penilaian ini”.

    Untuk meraih Adipura, menurutnya intinya mudah. Yaitu bagaimana menjadikan Kota Semarang menjadi bersih, indah dan tertib. “Untuk itu, mulai dari komitmen untuk melaksanakan tugas sebaik-baiknya. Masih ada 1,5 bulan untuk penilaian tahap II,” tegas Wali Kota.

    Untuk pembenahan, akan dilakukan pada bulan Maret. Seperti membersihkan sekolah dan pasar. Pihaknya menegaskan kepada camat untuk mengawasi lingkungan SMA serta lurah untuk mengawasi SD dan SMP.

    Pada awalnya, ia mencontohkan, jalan Sudirman sangat kotor, tapi saat ini baik sampah maupun PKL ternyata bisa dibersihkan dan ditertibkan. “Terkait masalah sampah, kami akan menggandeng Prof Sudarto untuk berdiskusi”.

    Dalam paparannya, Wali Kota menyebutkan bahwa ada teknik pengolahan sampah, yaitu teknik takakura. Teknik yang telah dilakukan kelurahan Kramas tersebut dilakukan dengan menyimpan sampah organik ke dalam box dengan memberikan kapur. “Tidak sampai lima bulan, sampah tersebut menjadi separuh dari box tersebut dan dapat digunakan sebagai pupuk”.

    Selain itu, lanjut Wali Kota, aplikasi teknik takakura akan lebih efektif melalui sistem hulu. Setiap rumah tangga mencacah dan memilah sampah organik dan non organik. “Jika dilakukan, maka hasilnya ajan luar biasa. Setidaknya 30 persen sampah akan tertangani”. Teknik tersebut telah diterapkan di rumah dinas, dan akan diterapkan pula ke seluruh masyarakat terutama jajaran PNS Kota Semarang.

    Guna memantau hasil kinerja pembenahan dan kegiatan kebersihan baik di lingkungan sekolah, pasar maupun lingkungan sekitar akan diturunkan tim evaluasi internal Pemkot Semarang. Tim ini akan melihat sejauh mana kesiapan wilayah-wilayah di Kota Semarang yang akan dinilai dalam penilaian tahap II, akhir Februari mendatang.

    Menutup pengarahannya, Walikota sekali lagi menekankan pentingnya semangat untuk selalu membenahi Kota Semarang sehingga menjadi kota yang bersih, indah dan tertib. Selain itu diperlukan sikap tidak jenuh dan lelah untuk saling mengingatkan kebersihaan dan ketertiban.