Pemkot Semarang : Run Against Cancer 2020


02 Februari 2020  •  00:00  •  Dilihat 994x  •  Admin  •  Berita
 Pemkot Semarang : Run Against Cancer 2020

Kota Semarang terus menerus menggencarkan even pariwisata olahraga atau  sport tourism , guna menarik wisatawan untuk datang berkunjung. Khususnya wisatawan mancanegara. Salah satunya, melalui perhelatan amal atau  Charity Run Against Cancer  (RAC) 2020, yang digelar Persatuan Hematologi-Onkologi Medik Ilmu Penyakit Dalam Indonesia (Perhompedin) Cabang Semarang.

Tercatat sebanyak 3.100 pelari peduli bahaya penyakit kanker, ikut serta dalam even ini. Baik yang berasal dari Kota Semarang, maupun luar kota. Ketua Panitia  Charity RAC , dr Eko Adhi Pangarsa, mengatakan, ini merupakan even tahunan dalam rangka peringatan Hari Kanker Dunia setiap 4 Februari. Hanya saja, kegiatan digelar pada saat hari libur agar peserta bisa meluangkan waktunya untuk berpartisipasi. Olahraga lari juga dinilai paling murah dan cukup populer dibandingkan yang lainnya.

"Kami sengaja memilih pelaksanaan Minggu, karena merupakan hari libur. Para peserta berputar-putar Kota Semarang, dalam rangka olahraga sekaligus menikmati lokasi-lokasi wisata. Lari merupakan salah satu cara sehat untuk mencegah terbebas dari kanker,'' ujar dia didampingi Sekretaris Panitia dr Budi Setyawan, disela-sela perhelatan acara di Sam Poo Kong, Minggu pagi (2/2).

Sementara itu, Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, menyampaikan, jika ini merupakan even yang baik hati. Itu karena semua dana yang ada akan disumbangkan untuk yayasan yang mengatasi persoalan kanker di Indonesia. "Kami pun berkomitmen untuk memajukan pariwisata di Kota Semarang. Apalagi pelari yang ikut semakin banyak dibandingkan dua tahun sebelumnya. Lokasinya pun berpindah-pindah, jika sebelumnya di Balai Kota maka tahun ini di Sam Poo Kong," papar dia.

Hendi memaparkan, penyelenggaraan even yang berkategori pariwisata olahraga tersebut, diharapkan mampu membuat wisatawan semakin tertarik datang ke Kota Semarang. Khususnya wisawatan dari mancanegara. Saat ada even nasional dan internasional semacam ini, kata dia, peserta yang ikut mau tidak mau hadir dengan membawa rombongan. Baik kru dan timnya, hingga keluarga.

''Semarang telah beberapa kali menggelar even-even semacam ini. Sebut saja ada even lari Semarang 10K dan Motocross Grand Prix (MXGP). Diharapkan even yang juga menjadi hobi bagi pegiat olahraga tersebut, mampu meningkatkan kehadiran wisatawan asing,'' tambah dia.

Pada kesempatan ini, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo bersama isterinya Siti Atikoh Supriyanti, dan Bupat Pati Haryanto, turut menjadi peserta Charity RAC

2020. Mereka ikut berlari sejauh 10 kilometer. Dalam sambutannya, Ganjar mengatakan, agar penyintas kanker jangan takut dan tetap semangat melanjutkan hidup. Itu karena dirinya beserta masyarakat luas, khususnya di Jateng, sangat mendukung keberadaan mereka.

Even ini juga tercatat dalam Lembaga Prestasi Rekor Indonesia Dunia (Leprid) sebagai rekor Gerakan Melawan Kanker melalui Tandatangan Komitmen Hidup Sehat Melawan Kanker, yang dibubuhkan 3.100 Peserta dari Charity RAC 2020. Selain itu, Suara Merdeka juga mendapatkan plakat penghargaan dari panitia.

Atas partisipasinya karena menjadi salah satu pendukung penyelenggaraan  Charity RAC  2020. Penghargaan diterima Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Suara Merdeka Semarang Doni Setyo Nugroho, mewakili CEO SMN Kukrit Suryo Wicaksono.

Adapun rute  Charity RAC  2020 untuk lima kilometer dimulai dari Jalan Pamularsih Raya depan Sam Poo Kong, berbelok ke kiri di Jalan Dr Sutomo, kemudian menuju ke Jalan Mgr Sugiyopranoto, Jalan Bojong Salaman, Jalan Puspanjolo Selatan, Jalan Pamularsih Dalam, dan kembali lagi ke Sam Poo Kong.

Sementara untuk jarak 10 kilometer, setelah sampai di Jalan Dr Sutomo, menuju ke Jalan Imam Bonjol, lanjut ke Jalan Pemuda hingga ke Kawasan Wisata Kota Lama, kemudian kembali menuju Tugu Muda melewati Jalan Pemuda. Setelah itu, peserta menuju ke Jalan Mgr Sugiyopranoto, Jalan Bojong Salaman, Jalan Puspanjolo Selatan, Jalan Pamularsih Dalam, dan kembali lagi ke Sam Poo Kong.

Menu Portal

Berita Populer