Dinas Kesehatan Kota Semarang Fasilitasi PPPK Swab Antigen


14 September 2021  •  00:00  •  Dilihat 749x  •  Admin  •  Berita
Dinas Kesehatan Kota Semarang Fasilitasi PPPK Swab Antigen

SEMARANG- Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang melalui Dinas Kesehatan Kota Semarang memberikan fasilitas pelayanan vaksinasi untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk swab antigen secara gratis. Swab Antigen gratis.

Pelaksanaan ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) untuk CPNS dan PPPK Pemkot Semarang akan dimulai pada tanggal 19 September hingga 6 Oktober 2021 yang bertempat di Universitas Negeri Semarang (Unnes) di Sekaran, Gunungpati.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang Muhammad Abdul Hakam mengatakan pelaksanaan SKD bagi CPNS dan PPPK Guru di Kota Semarang wajib mematuhi protokol kesehatan. Termasuk para peserta yang wajib membawa surat hasil tes PCR atau tes antigen. Dinas Kesehatan hanya memfasilitasi PPPK untuk swab antigen gratis, dengan cara datang ke puskesmas di masing masing wilayah untuk melakukan swab antigen. Namun fasilitas ini hanya diberikan kepada mereka yang tercatat sebagai warga Kota Semarang. 

" Pada prinsipnya kita fasilitasi di masing masing Puskesmas jadi tidak terjadi kerumunan, karena Puskesmas juga ada kegiatan vaksinasi dan kegiatan reguler lainnya. Nantinya fasilitasi antigen akan diadakan di H-1 sebelum jadwal SKD. PPPK yang difasilitasi mereka yang KTP Kota Semarang dan sebagian besar dari Dinas Pendidikan," jelasnya. 

Sedangkan bagi peserta CPNS lainnya yang tidak mendapat fasilitas dari Dinas Kesehatan, bisa melakukan Swab secara mandiri di fasilitas kesehatan yang ada di Kota Semarang baik Puskesmas, Rumah Sakit atau Klinik Pratama.

" Peserta CPNS lain bisa melakukan Swab tes secara mandiri. Tarif PCR dan antigen sudah turun sesuai anjuran dari Kementerian Kesehatan. PCR harganya sudah 500 ribu, antigen di Puskesmas sudah 90 ribu kalau Klinik Pratama juga 100ribu," imbuh Hakam. 

Pada saat pelaksanaan SKD, Dinas Kesehatan ditambahkan Hakam akan menurunkan petugas untuk melakukan pemeriksaan surat pendukung kesehatan bagi para peserta hingga membuka fasilitas tes swab antigen dilokasi.

 

Menu Portal

Berita Populer