Saluran Drainase Perkotaan Akan Diperbaiki


25 November 2021  •  08:00  •  Dilihat 72x  •  Admin  •  Berita
Saluran Drainase Perkotaan Akan Diperbaiki

Semarang - Pemerintah Kota Semarang akan melakukan normalisasi di saluran drainse perkotaan yang menyebabkan potensi banjir. Rencananya akan dilakukan pada tahun depan setelah anggaran dari Pemerintah Pusat Turun. 

"Darinase di perkotaan ini sedimentasinya tinggi dan Semarang punya kontur perbukitan. Sedimentasi dari atas, masuk ke saluran diperkotaan sehingga menyebabkan genangan, disamping ada penurunan muka tanah," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Semarang, Iswar Aminuddin.

Langkah antisipasi saluran perkotaan, kata dia sudah dilakukan oleh DPU dengan cara melakukan normalisasi dan pembersihan dititik-titik yang disinyalir terjadi banjir. "Tidak ada pembaharuan, mungkin kapasitasnya digedein dan sedimentasinya dikurangi," tuturnya.

Banjir dan rob kata Iswar memang menjadi momok tersendiri di Kota Semarang meski luasan genangan saat ini sudah menurun. Pekerjaan rumah lainnya adalah menambah kapasitas pompa di wilayah Timur yang masih kurang, terutama di Sungai Tenggang dan Sringin.

"PR kita ini adalah di pompa wilayah Timur, kapasitasnya masih kurang," tambahnya.

Selain itu, pihaknya juga menjelaskan terkait perbaikan Sungai Plumbon juga sudah dilakukan Pemkot Semarang, yakni dengan perbaikan dan penguatan talud yang ada. 

"Bukan normalisasi, karena air disungai ini sudah sejajar dengan air luat. Idealnya dilakukan peninggian dan perbaikan talud agar lebih kuat menahan air," bebernya.

Menu Portal

Berita Populer