Apakah Boleh Vaksin Saat Berpuasa ?


11 April 2022  •  09:38  •  Dilihat 268x  •  DINAS KESEHATAN  •  Berita
Apakah Boleh Vaksin Saat Berpuasa ?

SEMARANG - Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Indonesia sudah berjalan sejak awal tahun 2021. Jika tahun sebelumnya masyarakat dihimbau untuk menunda melakukan mudik lebaran, tahun ini pemerintah memperbolehkan masyarakat untuk mudik dengan syarat sudah mendapatkan vaksin booster atau vaksin dosis ketiga. Hal ini membuat banyak masyarakat mulai melakukan vaksinasi, dari vaksin primer hingga booster meskipun sedang berpuasa.

Dalam wawancaranya, Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang dr. Mochamad Abdul Hakam memberikan penjelasan bahwa tidak menjadi masalah jika melakukan vaksin saat berpuasa. "Melakukan vaksinasi Covid-19 bagi umat Islam yang berpuasa diperbolehkan, sesuai dengan fatwa MUI yang telah diterbitkan" tuturrnya.

Hukum vaksin saat berpuasa diperbolehkan dan tidak membatalkan puasa. Hal ini sesuai dengan fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 13 Tahun 2021 yang menjelaskan bahwa vaksin Covid-19 tidak membatalkan puasa, karena suntikan vaksin diberikan melalui otot atau injeksi intramuskular. 
Dalam fatwa tersebut, MUI memberikan 3 rekomendasi, yaitu: 
1. Vaksinasi Covid-19 dapat dilakukan selama Ramadan dengan memperhatikan kondisi umat Islam yang sedang berpuasa
2. Vaksinasi Covid-19 dapat dilakukan di malam hari selama Ramadan jika dikhawatirkan menyebabkan bahaya akibat lemahnya kondisi fisik
3. Umat Islam wajib berpartisipasi dalam program vaksinasi Covid-19 demi mewujudkan kekebalan kelompok dan terbebas dari wabah Covid-19

Berdasarkan penjelasan di sehatq.com, secara umum vaksinasi saat sedang berpuasa tidak menimbulkan efek samping. Setelah menerima vaksin Covid-19, tubuh akan merespon vaksin yang masuk untuk membentuk antibodi. Di beberapa kondisi, vaksinasi memberikan beberapa reaksi tertentu seperti nyeri di area suntikan atau reaksi kelelahan. Namun reaksi tersebut tidak berbahaya melainkan hanya respon tubuh yang sedang bekerja untuk membentuk antibodi. Namun, jika merasa lemas saat vaksin di tengah berpuasa, sebaiknya langsung beristirahat dan tidak melakukan aktivitas berat apapun. Selain itu, apabila khawatir akan efek samping vaksin Covid-19 saat puasa, maka bisa melakukan vaksinasi menjelang buka puasa atau malam hari selama tidak mengganggu ibadah bulan Ramadan.

Meskipun tidak menimbulkan efek samping, tetap perlu menjaga dan mempersiapkan kondisi tubuh ketika vaksin saat sedang berpuasa. Seperti tetap memperhatikan kondisi kesehatan ketika akan melakukan vaksinasi, pastikan tidak sedang mengalami demam, batuk atau flu. Jangan lupa, saat sahur juga makanan yang bergizi seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, daging, dan susu yang dapat membantu mempertahankan stamina dan mendukung sistem kekebalan tubuh. Serta minum air putih yang cukup saat sahur dan berbuka, juga istirahat yang cukup.  

Menu Portal

Berita Populer